Malas Ngantor, Warga Minta Pj Kakon Diganti

1776

BANDARNEGERISEMUONG-Masyarakat dan aparat Pekon Tulungsari, Kecamatan Bandarnegerisemuong, Kabupaten Tanggamus menuntut agar Herni selaku Pejabat (Pj) kepala pekon setempat diganti. Pasalnya, mereka menilai jika Herni yang baru dilantik pada Bulan Mei lalu itu gagal menjadi panutan dan pelayan masyarakat.

Wakil ketua BHP Pekon Tulung Sari yang didampingi puluhan aparat pekon setempat Sutrisno mengatakan, terhitung sejak dilantik hingga saat ini Pj kakon hanya sekali ngantor itupun beberapa hari pasca pelantikan. Akibatnya, semua pelayanan terhadap masyarakat menjadi terhambat.

“Kami minta PJ diganti, karena tidak bisa memberikan pelayanan sebagaimana mestinya,”ujarnya.

Menututnya, keberadaan Pj kakon seperti dijadikan aji mumpung, bagaimana tidak selain sulit ditemui ketika minta tandatangan urusan surat menyurat juga pencairan Dana Desa (DD) untuk tahap pertama hanya dikelola oleh Pj tanpa melibatkan masyarakat.

“Jabatan Pj kakon inikan sama dengan kepala pekon defenitif, jadi apapun kebijakan yang diambil harus dimusyawarahkan terlebih dahulu, tapi yang kami rasa selama ini tidak begitu,”terangnya.

Sutrisno menyebutkan, usulan mengenai adanya Pj kakon diganti sudah ditembuskan ke Pemkab Tanggamus dan juga DPRD Tanggamus. Adapun nantinya siapa penggantinya Sutrisno tidak mempermasalahkan asal bisa memberikan pelayan secara prima dan bisa menggayomi masyarakat.

“Siapa penggantinya itu terserah,”Tegasnya.

Mereka mengancam jika tuntutan nantinya tidak digubris oleh Pemkab Tanggamus maka ia memastikan seluruh aparat pekon akan mengundurkan diri secara masal.

“Yang tahu persis persoalan di pekon itu kami, jadi tidak ada alasan pemda tidak mengganti Pj yang tidak bermasyarakat ini,”ungkapnya.

Sementara Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) Wawan Harianto membenarkan adanya usulan masyarakat di Pekon Tulungsari mengenai agar Pj kepala pekon setempat untuk diganti. Hal ini karena mereka menganggap Pj kakon ini tidak bisa menjadi panutan.

“Ya, kita sudah menerima tembusam adanya usulan masyarakat Pekon Tulung Sari agar Pj diganti,”kata dia.

Bahkan lanjutnya Mantan Camat Semaka ini pihaknya sudah memanggil terlapor untuk mengklarifikasi persoalan tersebut.

“Apapun usulan itu tetap kita terima, tapi masalah langkah selanjutya sementara ini kita masih mempelajari kajian hukumnya, dan dalam waktu dekat ini akan mempertemukan kedua belah pihak,”tutupnya.

Sementara itu wartawan koran ini belum berhasil mengkonfirmasikan hal tersebut ke Pj Pekon Tulung Sari. Mengingat nomor telfon yang biasa digunakannya dalam posisi tidak aktif sampai berita ini diturunkan. (Zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here