Pj Kakon dan BHP Harus Bersinergi

1324
Asisten Bidang Pemerintahan Sedakab Tanggamus Jonsen Vanesa beserta Dandim 0424 Letkol Arh.Anang Hasto Utumo dan Kabagren Polres Tanggamus Kompol Misbahudin berfoto bersama Pj Kakon yang baru saja dilantik. Foto Zepta Heriyadi

KOTAAGUNG—Asisten Bidang Pemerintahan Setdakab Tanggamus Jonsen Vanesa melantik 14 orang Pejabat (Pj) Kepala Pekon (Kakon), Kamis (11/7). Pelantikan yang berlangsung di ruang Asisten itu sebagai pengganti kepala pekon yang sudah habis masa jabatannya pada Mei Tahun ini.

Jonsen Vanesa dalam sambutannya mewakili Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani mengatakan, total Pj yang dilantik sebenarnya ada 14 orang, dengan rincian 10 orang mengisi jabatan kakon yang sudah habis masa jabatan di Bulan Mei, sedangkan tiga orang menggantikan Pj yang sebelumnya mengundurkan diri, dan satu orang tidak hadir karena cuti yakni Pj Kakon Terbaya, Kecamatan Kotaagung.

“Pelantikan Pj ini sudah ketiga kalinya,”katanya.

Jonsen melanjutkan, momentum pelantikan ini sepatutnya dijadikan motivasi dalam melaksanakan tugas membawa perubahan positif dalam upaya memajukan pekon di wilayah Kabupaten Tanggamus.

“Jangan sampai menyia-nyiakan jabatan yang sudah diamanatkan. Jadikan momentum pelantikan ini untuk memulai lembaran baru dalam mengabdikan diri untuk masyarakat demi terciptanya kesejahteraan di pekon,” tegasnya.

Dikatakannya, Pj kakon merupakan kepanjangan tangan dari bupati. Karenanya mereka dituntut mampu menyerap aspirasi yang ada di masyarakat. Dengan demikian, kebijakan yang diambil dapat bermanfaat bagi masyarakat. Begitu juga dalam bertugas, Pj tidak bisa lepas dari dukungan BHP sebagai unsur pemerintahan pekon.

” Pj Kakon dan BHP diharapkan dapat saling bersinergi membangun komunikasi harmonis dalam penyelenggaraan pemerintahan pekon dan pembinaan masyarakat,”ujarnya.

Lebih jauh ia mengatkan, Pj tidak boleh merubah program yang sudah digagas mantan kakon sebelumnya, apalagi program yang sudah masuk anggaran. Kemudian Pj dapat menyusun dan mempersiapkan pelaksanaan Pilkakon dengan baik.

“Dalam mengambil kebijakan untuk kemajuan pekon Pj mempunyai wewenang sepenuhnya. Artinya, bisa mengandalikan mandat itu sebaik mungkin,”harapnya.

Sementara itu Kabag Tata Pemerintahan Setkab Tanggamus Wawan Hariyanto mengaku, total Pj yang sudah dilantik sampai di priode ke tiga ini atau dibulan Mei mencapai 182 orang dari 219 pekon yang akan habis masa jabatan dibulan Desember tahun ini. Nah untuk Januari tahun 2020 ada satu pekon yang jabatannya akan habis.

“Jabatan Pj ini berakhir sampai dilantiknya kepala pekon terpilih, sehingga diminta Pj dapat membawa amanat ini dengan baik demi kesejahtraan masyarakat,”tutupnya. (Zep/ral/uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here