20 Kukang Dilepasliarkan

229

AIRNANINGAN–Sebanyak 20 ekor Kukang Sumatera (Nycticebuscoucang) dilepasliarkan di Pulau Kukang di Kawasan Bendungan Batutegi Kecamatan Airnaningan oleh PLN ULP Talang Padang, Senin (8/7) lalu.

Menurut SPV Teknik, PLN ULP Talangpadang, Wawan Satriawan bahwa puluhan ekor Kukang tersebut didapatkan petugas PLN saat melakukan patroli jaringan kabel. Ke 20 ekor Kukang tersebut saat dilepasliarkan dalam kondisi sehat semua.

“Karena Kukang ini sering lewat pada jaringan kabel sehingga sering terjadi gangguan. Bahkan tak jarang banyak Kukang tersengat listrik lalu mati. Maka dari itu, setiap bertemu Kukang dekat atau berada dijaringan kabel, petugas langsung sigap untuk mengamankan, “ujar Wawan melalui pesan WhatsApp, Rabu sore (10/7).

Masih kata Wawan, bahwa pelepasliaran Kukang ke Habituasi di Pulau Kukang merupakan kali kedua ditahun 2019.” Awalnya Januari 2019,kita lepasliarkan 18 ekor hasil dari patroli rekan-rekan. Dari 18 ekor, ternyata dua ekor sakit sehingga harus dikarantina oleh BKSDA Lampung, “ucapnya.

Dalam pelepasliaran, Kukang ini, lanjut Wawan, pihaknya berkoordinasi dengan Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) dan juga BKSDA Lampung.” Dengan pelepasliaran Kukang ini diharapkan, populasi Kukang terus terjaga sebab hewan ini sudah terancam punah, “pungkas Wawan. (ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here