11 Rumah dan 1 SD Terdampak Puting Beliung

256

KOTAAGUNG—Angin puting beliung menerjang Dusun Paneongan Pekon Kota Agung, Kecamatan Kota Agung, Tanggamus, Senin (8/7) malam. Akibat sapuan angin tersebut sejumlah rumah mengalami kerusakan dari mulai ringan.

Selain rumah warga, dua lembar asbes atap bangunan sekolah dasar negeri (SDN) 1 Pekon Kotaagung juga mengalami dampak dari angin puting beliung tersebut.

Camat Kotaagung, Syarif Zulkarnain mengatakan, akibat angin putting beliung tersebut, sedikitnya ada 11 rumah warga yang terdampak. Dengan rincian delapan rumah rusak ringan dan tiga rusak berat.”Lokasi pemukiman yang terdampak Putting Beliung sekitar 1 Km dari Makodim 0424, kejadiannya sekitar pukul 20.00 WIB. Tidak ada korban jiwa, hanya atap rumah saja yang rusak,” kata Syarif, Selasa malam (9/7).

Masih kata Syarif bahwa, pihaknya sudah berkoordinasi dengan sejumlah dinas terkait, seperti BPBD, Dinas Sosial, Tagana dan Polsek Kotaagung.”Untuk bantuan sudah ada dari Pemkab Tanggamus yang diserahkan oleh BPBD dan Dinas Sosial,” ujar Syarif.

Masih kata Syarif bahwa, warga tidak ada yang mengungsi sebab atap yang rusak atau terlepas sementara ditutup dengan terpal.”Masih dirumah masing-masing. Sementara untuk menutup atap pakai terpal bantuan pemda,” sebut Syarif.

Ditambahkan Kapolsek Kota Agung Ipda Rudi Khisbiantoro mengatakan, akibat puting beliung atap rumah empat warga mengalami kerusakan 30 persen hingga 60 persen. Adapun rumah yang mengalami kerusakan tersebut yakni milik ibu Mardiyah (50), Jonta (50), Bunyana (60) dan Hasbuna (65).

“Atap rumah ibu Mardiah berupa material seng kerusakannya 40 persen, atap rumah Jonta material genteng kerusakan 40 persen, atap rumah Bunyana material seng kerusakan 60 persen atap rumah Hasbuna dengan material seng kerusakan 30 persen,” jelasnya.

Ipda Rudi mengungkapkan, berdasarkan keterangan saksi Jonta, sebelum kejadian sekitar pukul 19.00 Wib terjadi hujan deras, ketika saksi menonton televisi mendengar suara gemuruh atap rumah.

“Setelah saksi melihat keluar rumah, atap genteng rumah tabur berterbangan karena angin, menurut perkiraannya angin puting beliung,” ungkapnya.

Lanjutnya, bangunan yang mengalami rusak ringan meliputi atap SDN1 Pekon Kota Agung rusak sebanyak 2 lembar yang berada di posisi dekat ruang guru, kemudian atap rumah Nazirwan, Kasbul, Akbar/Lia, Dulmanan, Samsurizal, Rohyan dan Sumiati.

Terpisah, Wabup Tanggamus Hi.A.M Syafii menegaskan bahwa pemkab sudah bergerak cepat untuk memberikan bantuan bagi para korban puting beliung.” Ya, sudah dibantu dari BPBD dan Disos,” kata Syafii yang ditemui usai Launching Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan E-Warong.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here