Kelurahan Baros Bangun Rabat Beton dan Drainase

314

KOTAAGUNG—Kucuran dana kelurahan dari pemerintah pusat membuat pembangunan di Kelurahan Baros menggeliat. Seperti tahun ini misalnya ada beberapa pekerjaan fisik diantaranya pembangunan jalan rabat beton dan juga drainase.

Menurut Lurah Baros Elmunaidi, pencairan dana kelurahan dibagi dalam dua termin,termin pertama 50 persen dari total dana Rp370 juta yang artinya tahap pertama Kelurahan Baros menerima Rp191 Juta. Dana termin pertama tersebut lanjut Elmunaidi dibangunkan drainase dan jalan rabat beton. Untuk drainase di RT 03 dan jalan rabat beton di RT 08.

“Untuk drainase panjangnya 50 meter dengan biaya Rp 15 juta dan rabat beton panjangnya 140 meter dengan lebar 3,5 meter, biayanya Rp176 juta”ujar Elmunaidi, Selasa (2/7).

Dilanjutkan Elmunaidi bahwa dana kelurahan tahun 2019 ini sementara difokuskan untuk lima RT dulu dan tahun 2020 untuk lima RT lagi. “Total ada 10 RT dikelurahan Baros ini. Tahun ini termin pertama dua RT dulu, ditermin II, tiga RT, lalu lima RT lagi ditahun depan,” katanya.

Dalam pembangunan dua item fisik tersebut lanjut Elmunaidi, dikerjakan oleh kelompok masyarakat (Pokmas). Lurah sendiri fungsinya selaku kuasa pengguna anggaran dan pengawas. “Untuk rancangan anggaran biaya (RAB) kita menggunakan yang standar dan konsultannya dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” kata dia.

Masih kata Lurah Baros bahwa pembangunan fisik yang dilakukan merupakan usulan dari masyarakat dan yang terlibat dalam pengerjaan juga masyarakat langsung. “Contohnya drainase di RT 03 memang sangat dibutuhkan karena setiap hujan air pasti tersumbat dan membuat genangan. Sehingga terkesan kumuh, tidak bagus juga buat kesehatan. Kalau rabat beton memang untuk akses warga sebab dilingkungan tersebut sudah ramai warga dan jalannya juga tidak nyaman dilalui sehingga warga meminta untuk dirabat, “ujarnya.

Untuk progres fisik, lanjut Elmunaidi, saat ini drainase sudah selesai dikerjakan dan rabat beton sudah 85 persen.” Yang rabat beton tidak lama lagi rampung dan selanjutnya dilakukan serah terima dari pokmas kelurah, “ucapnya.

Dia berharap dana kelurahan terus ada, sehingga pembangunan fisik di Kelurahan Baros terus bergeliat.” PR fisik masih banyak di Baros ini, jadi harus bertahap, saya mewakili warga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat dan daerah yang sudah mengucurkan dana kelurahan, semoga tahun depan masih ada lagi dan jumlah anggarannya ditambah, “pungkas Elmunaidi. (ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here