54 Mahasiswa Unila KKN di Wilayah Terisolir

614
Sebanyak 54 Mahasiswa KKN Unila yang ditempatkan di wilayah terisolir di Kecamatan Pematangsawa, Kabupaten Tanggamus mengabadikan momen dengan foto bersama Camat Pematangsawa Agus Somad, S.IP, MM., Senin (1/7).

PEMATANGSAWA – Sebanyak 54 mahasiswa Universitas Lampung (Unila) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2019 di Kecamatan Pematangsawa.

Kedatangan rombongan mahasiswa itu disambut langsung Camat Pematangsawa Agus Somad S.IP, MM., Senin (1/7).

Rombongan mahasiswa Unila itu akan ditempatkan di wilayah selatan Pematangsawa yang meliputi Pekon Tampang Tua, Tampang Muda, Martanda, Kaur Gading, Way Asahan, Karang Berak dan Teluk Berak.

Wilayah tempat mahasiswa KKN tersebut merupakan wilayah terisolir yang ada di Kecamatan Pematangsawa. Sebab, selain belum ada akses jalan, di wilayah tersebut juga belum ada jaringan seluler.

“Terimakasih kepada Universitas Lampung yang telah menempatkan mahasiswa KKN di wilayah Kecamatan Pematangsawa. Seperti yang diketahui, pekon-pekon yang menjadi fokus KKN tersebut merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Tanggamus yang masih memerlukan sentuhan-sentuhan, karena sampai saat ini wilayah itu masih dikatagorikan wilayah terisolir yang belum dapat dilalui kendaraan roda empat,” kata Camat Pematangsawa Agus Somad, S.IP, MM.

Padahal, lanjut dia, banyak potensi komoditas pertanian maupun perkebunan seperti kelapa, durian, duku dan lain sebagainya yang masih sulit dibawa keluar wilayah. Sebab, selama ini satu-satunya transportasi diwilayah selatan Pematangsawa menggunakan jalur laut yang sangat bergantung dengan cuaca.

“Mahasiswa yang melaksanakan KKN ini harus memiliki motivasi, serta jangan cepat mengeluh, apalagi cepat putus asa meskipun sebagian diwilayah selatan tidak memiliki spot sinyal HP sehingga sulit untuk menghubungi keluarga. Karena kami berharap dengan adanya mahasiswa KKN ini dapat memetakan potensi yang ada di masing-masing pekon, kemudian dapat mencarikan solusi dengan teknologi tepat guna yang dimiliki, sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi pendapatan masyarakat,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Tim Pendamping Mahasiswa KKN Mona Batubara menjelaskan bahwa mahasiswa yang ber KKN di Kecamatan Pematangsawa berjumlah 54 orang yang terdiri dari beberapa Fakultas di Universitas Lampung.

“Sebelumnya kami termotivasi untuk menempatkan Mahasiswa KKN di wilayah terpencil dan terisolir di Kecamatan Pematangsawa setelah mendengarkan penjelasnya dari Pak Camat. Dan diharapkan mahasiswa yang melaksanakan tugas akhir Tri Darma perguruan tinggi dapat membantu masyarakat dalam memberikan solusi di tempat mereka bertugas sebagai mahasiswa KKN,” ucapnya. (Uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here