12 Dokter Spesialis Mata Disiapkan Dalam Baksos Kejagung

102

KOTAAGUNG—Pelaksanaan Bakti Sosial Operasi Katarak Mata yang diselenggarakan Kejaksaan Agung (Kejagung) RI dengan jumlah pasien ratusan orang di Tanggamus tinggal menghitung hari.

Agar pelaksanaan berjalan dengan lancar maka Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanggamus bersama Pemkab Tanggamus melaksanakan Rapat Persiapan di Ruang Rapat Utama Setdakab Tanggamus, Senin (1/7).

Rapat yang dipimpin oleh Asisten Bidang Pemerintahan, Jonsen Vanisa, dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanggamus David P Duarsa, Kepala Dinas Kesehatan Sukisno, Dirut RS Panti Secanti dr. Welly Stefanus, Direktur RSUD Batin Mangunang dr. Dian Ekawati, para Kepala OPD, Jajaran Kasi Kejari dan jajaran Kepala UPT Kesehatan Kabupaten Tanggamus.

Kepala Kejari Tanggamus David P Duarsa mengatakan Baksos ini dilaksanakan dalam Rangka memperingati Hari Bakti Adhyaksa (HBA) ke 59 dan rencananya Baksos akan dihadiri langsung oleh Jaksa Agung RI, HM. Prasetyo serta Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung beserta jajaran.

“Pelaksanaan Baksos sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 13 sampai dengan 15 Juli 2019 dan ditempatkan di dua Rumah Sakit Secanti Gisting dan Rumah Sakit Batin Mangunang. Untuk RS Secanti pelaksanaan operasi dan RSUD Batin Mangunang Kotaagung untuk penanganan pasca operasi, “ungkap David.

Ditambahkan David, bahwa baksos operasi katarak yang diselenggarakan oleh Kejaksaan Agung di Kabupaten Tanggamus mendapat sambutan yang luar biasa. Ini terbukti dari antusiasnya para pendaftar yang ingin agar matanya dapat dioperasi.

“Yang daftar 567 orang, namun berdasarkan hasil screening dari dokter hanya 331 yang layak operasi. Namun karena terbatasnya waktu dan anggaran maka yang nanti dioperasi sebanyak 250 orang.

“Operasi Katarak direncanakan untuk 200 orang dan Operasi Pterigyum sebanyak 50 orang. Untuk operasinya sendiri akan dimulai pada tanggal 12 Juli sebanyak 100 orang dan sisanya dilanjutkan pada tanggal 13 Juli dan rencananya Jaksa Agung dan istri yang juga Ketua IAD (Ikatan Adhyaksa Darmakarini) akan hadir dan menyaksikan pelaksanaan operasi pada tanggal 13 Juli, serta pelepasan perban pada tanggal 15 Juli di RSUD Kota Agung,” terang David.

Masih kata Kejari, bahwa selain operasi katarak dan Pterigyum, dalam baksos juha dilaksanakan Pap Smear bagi 50 orang di RSUD Batin Mangunang, Kotaagung.David juga mengatakan bahwa saat ini persiapan acara sudah mencapai 90 persen.

“Untuk pelaksanaan operasi katarak dan Pterigyum diterjunkan sebanyak 12 dokter spesialis mata dan 15 asisten dibantu Tim medis Rs Secanti dan jajaran diskes Tanggamus,” pungkas David.

Sementara Asisten Bidang Pemerintahan, Jonsen Vanisa mengatakan bahwa Pemkab sangat berterimakasih dengan adanya baksos operasi katarak dalam rangka HBA Ke 59. Sebab dengan adanya baksos ini dapat meringankan beban masyarakat Tanggamus Yang terkena gangguan pengelihatan.

” Terimakasih dengan adanya baksos Adhyaksa ini, kami Pemkab Tanggamus akan support penuh dengan mengerahkan semua OPD sehingga acara berlangsung dengan lancar dan sukses “tandasnya.

Sementara Direkrur RS Panti Secanti, dr. Welly Stefanus menyatakan jika RS Panti Secanti sudah siap menjadi tempat pelaksanaan operasi.

” Kami siap mendukung kegiatan baksos berjalan lancar dan sukses, tempat sudah kita siapkan. Walaupun kami tidak ada dokter spesialis mata tapi para medis kami siap membantu,” ujarnya.

Ia juga mengaku senang bisa terlibat langsung dalam baksos ini.”Optimis lancar, sebab pasti tuhan bantu, dan dari 200 an peserta operasi katarak, rata-rata berusia 60 tahunan,” sebut Welly.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here