Ratusan Penyandang Disabilitas Ikuti UPSK

300

KOTAAGUNG—Ratusan penyandang disabilitas di Kabupaten Tanggamus menjadi target kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) dari Dinas Sosial Provinsi Lampung.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Sosial (Kadisos) Provinsi Lampung Drs. Sumarju Saeni.M.Sc, di Balai Rakyat Pekon Talang Rejo, Kecamatan Kotaagungtimur, Selasa (25/6).

Sumarju Saeni dalam sambutannya mengatakan, kegiatan UPSK adalah sarana pelayanan dan rehabilitas sosial diluar panti yang berfungsi memberikan layanan konsultasi pemeriksaan kesehatan, rujukan dan seresehan bagi penyandang disabilitas kesehatan atau penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) secara akurat .

“Kemudian UPSK ini dilakukan oleh tim terpadu yang terdiri dari ahli dan praktisi pada bidang psikolog, pekerja sosial, dokter, perawat, dan pekerja sosial masyarakat,”ujarnya.

Ia melanjutkan, tujuan dalam kegiatan UPSK ini untuk meningkatkan kesejahteraan sosial bagi penyandang disabilitas secara lebih adil dan merata.

“Selain itu mendorong semua unsur masyarakat agar aktif dalam penanganan masalah sosial seperti penyandang disabilitas tubuh, netra, mental, rungu/wicara, bekas penderita kusta serta TBS dan PMKS lainnya,”terang Sumarju.

Pada kesempatan itu Sumarju menyerahkan secara simbolis kursi roda, tongkat dan alat bantu dengar.

Sementara itu, Kasi Rehabilitas Sosial Penyandang Rehabilitas Provinsi Lampung Sutikno S.E mendampingi Ketua Lembaga Kesejahteraan Sosial Alamanda Kabupaten Tanggamus Roswati mengaku, kegiatan UPSK berlangsung selama empat hari terhitung dari tanggal 25 sampai 28 Juni dengan sasaran masyarakat penyandang disabilitas. Total masyarakat penyandang disabilitas di Kabupaten Tanggamus sendiri mencapai 4.630 orang, sementara yang sudah masuk basis terpadu 10.55 orang atau 22,79 persen. Untuk menurunkan angkat tersebut UPSK terus berusaha melakukan rehabilitas sosial keliling sejak dini.

“Tidak hanya rehabilitas pada fisik. tapi UPSK selama ini memberikan pelatihan khusus tentang keterampilan yang sesuai bakat masing-masing,”ujarnya.

Terpisah Kasi Rehabilitas Sosial Kabupaten Tanggamus Indra Mahyudin mengaku, cukup mengapresiasi kegiatan UPSK dari Dinas Sosial Provinsi Lampung itu, tentunya hal ini selain bentuk kepedulian terhadap penyandang disabilitas juga memberikan support secara fisik dan semangat dalam kehidupan.

“Rehabilitas bagi disabilitas ini sangat membantu mereka hal yang tidak menjadi mungkin, salah satunya memberikan pelatihan atau keterampilan dalam mengembangkan bakat mereka,”tutupnya. (Zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here