BPBD Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrem

112
Foto Ilustrasi Net

PRINGSEWU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pringsewu mengimbau warga Bumi Jejama Secancanan untuk lebih waspada menghadapi cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini.

Hal ini disampaikan Kepala BPBD Pringsewu M. Khotim, pasca 7 warga Pringsewu tersambar petir di dua tempat berbeda pada Sabtu (15/6/2019) sekitar pukul 15.30 WIB.
“Disampaikan kepada masyarakat untuk waspada bila terjadi cuaca ekstrim. Biasanya hujan ringan/kencang akan disertai angin dan petir. Jadi jika saat hujan disarankan bagi warga yang sedang berada di sawah untuk segera pulang,” kata M Khotim, Minggu (16/6) sore.

Untuk diketahui,  Sebanyak tujuh warga Pringsewu tersambar petir pada Sabtu (15/6) sore.

Dari tujuh warga yang tersambar petir tersebut, dua warga meninggal dunia.
Sedangkan, lima orang lainnya harus dilarikan ke tempat pelayanan kesehatan untuk mendapat pertolongan medis.
Warga yang tewas tersambar petir bernama Tri Purwanto (35).

Tri Purwanto merupakan warga Pekon Nusawungu.Korban tewas tersambar petir saat berada di gubuk pemancingan Pekon Nusawungu, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu.Satu warga tewas lainnya bernama Tunggono (54).

Tunggono adalah petani warga Pekon Klaten, Kecamatan Gading Rejo.
Tuggono tersambar petir saat berteduh di gubuk di areal pesawahan Pekon Klaten, Kecamatan Gadingrejo. Sedangkan, lima orang lainnya di lokasi itu dilarikan ke tempat pelayanan kesehatan terdekat.
Keseluruhan korban merupakan warga Kecamatan Banyumas tetapi berbeda pekon.
Kelima korban tersebut adalah Suswanto (30) warga Pekon Banyuwangi, Deni Nurohmat (28) warga Pekon Giri Tunggal, Aditya Agung Gumelar (22) warga Pekon Sukamulya, Adi Kurniawan (21) warga Sri Way Langsep, dan Sarjiah (34) warga Pekon Nusawungu. Aditya Agung Gumelar dan Adi Kurniawan dilarikan ke Puskesmas Banyumas.

Sedangkan Suswanto, Deni Nurohmat, dan Sarjiah dibawa ke Rumah Sakit Mitra Husada (RSMH). Peristiwa petir terjadi ketika hujan deras mengguyur wilayah kabupaten Pringsewu pada Sabtu sore.(Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here