Satu Hari, Dua Rumah Kebakaran

1083

TANGGAMUS–Dalam satu hari terjadi dua kebakaran di wilayah Kabupaten Tanggamus masing-masing di Pekon Ciherang yang terjadi Sabtu (1/6) pukul 02.00 WIB dini hari dan di Pedukuhan Sabahluppak Kelurahan Kuripan pukul 09.00 WIB.

Kebakaran terjadi pada rumah Nugroho (37), di pekon Ciherang. Kebakaran terjadi sekitar pukul 2.00 WIB. “Penyebab kebakaran tidak diketahui dan dampaknya seluruh rumah yang sebagian masih semi permanen habis terbakar beserta isinya. Sedangkan penyebabnya belum diketahui,” kata Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Jhon Awaludin mewakili Kasatpol PP Yumin BA.


Lalu kejadian kebakaran selanjutnya menimpa rumah Ngatiman (56) warga Kelurahan Kuripan. Menurut Nur Hidayah (22) anak dari Ngatiman, kebakaran diduga karena korsleting listrik
dari colokan listrik yang ada di kamar lantai dua rumah.

“Di colokan itu ada untuk nyolok tv. Colokan itu memang tidak pernah dilepas, jadi apinya dari situ, terus bakar tv, kasur sama lainnya,” ujar Nur.

Ia menjelaskan, api pertama kali diketahui oleh Dayat yang merupakan tetangganya seberang rumah. Api terlihat dari jendela di lantai dua yang kebetulan juga menghadap rumahnya.

“Terus Pak Dayat kasih tahu ke sini ada kebakaran di rumah ini, di atas. Dia juga yang manggil pemadam kebakaran,” terang Nur.

Ia mengaku tidak mengetahui jika kamar adik laki-lakinya di lantai dua itu terbakar. Sebab saat itu Nur sedang memasak, lalu adiknya yang lain sedang cuci piring. “Ya, saat sedang masak, pak Dayat kasih tau kalau ada api muncul dari atas. Lalu pak Dayat menghubungi pemadam kebakaran dan warga lainnya turut membantu memadamkan api dengan alat seadanya,” ujarnya.

Sementara Kabid Linmas, Jhon Awaludin mengatakan upaya pemadaman dilakukan dengan dua unit mobil pemadam kebakaran. Api langsung disemprotkan dari jalan depan rumah yang diarahkan ke jendela kamar. Sehingga air langsung masuk dan membasahi seisi rumah.

“Beruntung masyarakat segera menghubungi kami, sehingga kebakaran tidak meluas dan hanya membakar kasur, karpet dan televisi 14 inc,”ujarnya.

Menurut Jhon penyebab kebakaran dirumah Ngatiman diduga karena korsleting listrik dari TV. “Ya, dugaannya begitu korsleting listrik dari TV,” pungkas Jhon. (ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here