Agustus, Tiga Puksesmas Dinilai Tim Akreditasi

292

KOTAAGUNG—Tiga puskesmas di Kabupaten Tanggamus akan ditingkatkan status akreditasinya pada tahun ini. 

Menurut Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Tanggamus Taufik Hidayat ,ketiga puskesmas tersebut yakni Puskesmas Kotaagung, Gisting dan Talangpadang. Ketiganya selama ini sudah terakreditasi sejak tiga tahun lalu. 

“Sesuai aturan akreditasi puskesmas, setiap tahun memang harus ada peningkatan status akreditasinya. Dan tiga puskesmas itu sudah dapatkan akreditasi sejak tiga tahun lalu,” kata Taufik melalui pesan WhatsApp, kemarin (26/5).

Dijelaskan Taufik , status ketiga puskesmas selama ini yakni, Puskesmas Kota Agung dan Gisting terakreditasi madya, sedangkan Puskesmas Talang Padang terakreditasi dasar.

Untuk Puskesmas Kota Agung dan Gisting pada tahun ini harus naik ke akreditasi utama dan Talang Padang menjadi madya. 

“Dalam akreditasi puskesmas ada tiga tingkatan akreditasi yakni dasar, madya, utama dan paripurna. Jika awalnya suatu puskesmas sudah dapatkan akreditasi apapun status maka tiga tahun berikutnya harus naik ke status di atasnya,”terangnya.

Diskes lanjut Taufik, sebagai satker terkait akan terus membimbing semua puskesmas agar bisa naik akreditasi atau disebut reakreditasi. Semua puskesmas setelah terakreditasi nantinya juga akan menghadapi reakreditasi dalam jangka waktu tiga tahun. 

“Sekarang masih tahap pembinaan, untuk penilaian akreditasi lanjutan diperkirakan bulan Agustus hingga September. Kami berharap agar ketiga puskesmas status akreditasinya bisa naik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here