Jelang Lebaran Harga Kebutuhan Pokok Masih Stabil

827

KOTAAGUNG–Tim Monitoring Pemkab Tanggamus kembali melakukan monitoring harga kebutuhan pokok menjelang hari raya Idul Fitri. Monitoring di Pasar Kotaagung dipimpin langsung Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani.

Turut mendampingi bupati saat monitoring, Asisten Bidang Ekobang FB Karjiyono, Asisten Bidang Administrasi Firman Ranie, Sekretaris Diskoperindag Ishak, Kepala Dinas Kesehatan Sukisno dan Kepala bagian perekonomian Setdakab Tanggamus Isnawati.

Berdasarkan pantauan, yang pertama kali disambangi bupati adalah toko yang mejual kebutan pokok seperti beras, gula, minyak dan terigu. Lalu bupati mengecek harga dan kualitas daging ayam maupun ikan. Aneka takjil juga tidak luput menjadi perhatian bupati, selain bertanya mengenai harga dan bahan baku takjil, bupati juga bercengkrama dengan para penjual. Bupati perempuan pertama di Tanggamus itupun menjadi perhatian pengunjung pasar maupun pedagang yang berebut bersalaman dan foto.

Usai dari tempat jualan takjil, bupati bergegas ke los yang menjual ikan asin, telur dan sayur mayur. Dalam monitoring tersebut Bupati juga membeli sejumlah barang dagangan yang dijajakan penjual seperti ikan nibung, buah salak, kolang kaling, gula aren dan tape singkong. Sidak ditutup dengan mengunjungi sebuah mini market disamping terminal Kotaagung.

Menurut bupati, berdasarkan hasil monitoring, diketahui harga kebutuhan pokok masih stabil, bahkan ada beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga seperti bawang putih yang sebelumnya Rp60 ribu/Kg saat ini dijual Rp35 ribu/kg. Lalu ayam potong yang tadinya Rp25 ribu/kg kini Rp23 ribu/kg.

“Monitoring ini dilakukan untuk mengetahui harga harga kebutuhan pokok jelang lebaran, ketersediaan stok hingga keamanan produk makan dan minuman yang dijual. Dan alhamdulillah hasil pemeriksaan negatif bahan berbahaya. Kalau untuk harga-harga saat ini masih stabil dan stok mencukupi, “kata Bunda Dewi sapaan akrabnya.

Ia juga meminta agar jajaran dibawahnya aktif turun kepasar sehingga dapat mengetahui sejumlah persoalan baik dari sisi ketersediaan stok, harga hingga menyerap aspirasi pedagang.” Saya minta satker terkait rutin turun kepasar jangan hanya saat Ramadan atau menjelang natal dan tahun baru saja,harus rajin turun kepasar ya, “ucap bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati mengimbau kepada pedagang untuk memperhatikan kebersihan pasar.” Kondisi pasar harus tetap bersih sehingga pengunjung betah dengan demikian omzet penjualan akan meningkat, “pungkas bupati. (ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here