Lagi-lagi Soal Sampah

196

PRINGSEWU – Tumpukan berbagai jenis sampah kembali memenuhi salah satu anak sungai yang terletak di Pekon Podosari, Kecamatan Pringsewu. Berbagai jenis sampah tersebut meliputi sampah plastik, rumah tangga dan bangkai hewan.

Berdasarkan pengakuan warga sekitar Ahmad, banyaknya sampah menimbulkan bau yang kurang sedap. Dia mengaku menyesalkan perilaku masyarakat kerap membuang sampah sembarangan. “Warga lain yang buang sampah, kami yang berada disini menanggung dampaknya,” ujarnya, kemarin.

Dia pun merasa prihatin melihat kondisi aliran sungai tersebut yang merupakan bukan tempat pembuangan sampah namun menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah. “Dan itu jelas, kesadaran masyarakat masih sangat rendah untuk membuang sampah pada tempatnya,” sesalnya.

Dirinya kemudian menjelaskan dampak negatif dari perilaku sebagaian oknum masyarakat yang kerap membuang sampah sembarangan. Seperti air sungai tidak dapat mengalir dengan normal karena tersumbat sampah pada area tertentu yang terjadi penumpukan sampah.

Kedepan dirinya berharap masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dan dampak negatif lainnya. “Apapun alasanya yang jelas membuang sampah disungai merupakan sebuah tindakan tidak terpuji yang telah merugikan orang banyak, terutama masyarakat sekitar di Podosari ini,” jelasnya.(arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here