Operasi Pasar, Tujuh Ton Bawang Putih Disiapkan

162

KOTAAGUNG–Pemerintah Pusat bekerjasama dengan Pemprov Lampung dan Pemkab Tanggamus akan melakukan operasi pasar guna menekan harga bawang putih.

Operasi pasar bawang putih rencananya dilaksanakan pada hari Selasa (14/5), di Pasar Gisting.

“Informasinya ada sekitar tujuh ton bawang putih yang disiapkan dalam operasi ini, ” kata Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Tanggamus Soni Isnaini, Minggu (12/5).

Operasi pasar bawang putih tidak dijual eceran, melainkan karungan. Dalam satu karung berisi bawang putih dengan berat sekitar 20 Kilogram. Harga per karungnya yakni Rp 500 ribu.

“Per kilonya sekitar Rp 25 ribu. Tapi tidak dijual kiloan, melainkan karungan.
Jadi kalau masyarakat atau pedagang yang mau beli bisa patungan,” ujarnya.

Dengan harga bawang putih Rp 25 ribu per kilogram, pedagang bisa menjualnya kembali dengan harga dikisaran Rp 30 ribu per kilogram. Untuk itu, ia mengajak para pedagang pasar di seluruh wilayah Kabupaten Tanggamus ikut serta dalam operasi tersebut.

“Kami ingin stok tersebut terjual habis dengan harapan dapat menekan harga bawang putih, ” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Zulfadli mengatakan, tidak ada batasan dalam pembelian bawang selagi itu benar untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Kami juga mewanti-wanti kepada para pembeli agar tidak menimbun bawang, karena operasi pasar ini bertujuan untuk menekan harga bawang putih selama ramadan, ”

Diketahui saat ini harga bawang putih di sejumlah pasar di Kabupaten Tanggamus masih terpantau tinggi yakni berkisar Rp 50-60 ribu per kilogram. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here