Kecanduan Gadget Bikin Siswa Malas Belajar

280
Foto Ilustrasi Net

KOTAAGUNG—Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus, Pahlawan Usman menilai bahwa banyak generasi muda utamanya siswa sekolah saat ini banyak yang kecanduan gadget. Hal ini dianggap dapat membuat anak malas belajar. Untuk itu pengawasan dari orang tua dan guru sangat diperlukan.

“Mangkanya penting bagi kita untuk memberikan pengawasan dan bimbingan kepada anak -anak kita tentang belajar. Bukan tidak boleh mereka bermain HP, boleh tapi harus tahu aturan,”katanya.  

Menurut Pahlawan, perlu meningkatkan pengawasan yang dilakukan baik di sekolah maupun di rumah, dengan cara meningkatkan nilai kedisiplinan. Artinya, razia HP di sekolah juga perlu agar mereka tidak terjerumus dalam hal-hal yang negatif.”Jika ingin mencari generasi emas tentunya kembali ke kita sebagai orang tua dalam mengawasi anak-anak,”jelasya.

Pahlawan menerangkan, guru merupakan faktor utama untuk meningkatkan faktor pendidikan,sebagai pengajar dan orang yang akan dicontoh oleh siswa-siswi.

“Saya mengimbau kepada semua pendidik, tenaga pendidikan, pelopor dan pecinta dunia pendidikan,untuk menguasai Ilmu Pengetahuan dan teknologi (Iptek) Iman dan Taqwa (Imtaq) serta meningkatkan profesionalisme kualitas pelayanan dan akses yang berkeadilan bagi peserta didik, guna memperoleh pendidikan lebih baik dan berkualitas,” ujarnya.

Dalam dunia pendidikan, terpenting adalah tenaga pendidik atau guru. Artinya, guru tidak memberikan contoh yang buruk kepada siswa, salah satunya tidak merokok 

dalam kelas kemudian ketika sedang masuk jam pelajaran guru tidak main HP.”Anak-anak itu bagaimana kita. Diluar  sekolah yang paling penting adalah lingkungan atau tempat dia bergaul,”jelasnya.

Sebab, tugas pengawasan kepada anak-anak sudah dibagi. Dilingkungan sekolah yang mengawasi adalah guru kemudian ketika diluar sekolah tugas orang tua yang mengawasi. Jangan sampai anak-anak yang masih mengenyam pendidikan terjerumus ke hal-hal yang 

negatif, terlebih sekarang ini dunia pendidikan semakin sulit dalam melakukan pengawasan.”Intinya kita perlu meningkatkan pengawasan, jangan sampai generasi mereka rusak karena pergaulan,”tutupnya. (Zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here