Berharap Pendidikan Gratis Hingga SMA

158
Foyo Ilustrasi Net

KOTAAGUNG- Masyarakat yang tergolong kurang mampu di Kabupaten Tanggamus meminta pemerintah kabupaten (pemkab) segera mewujudkan program pendidikan gratis hingga SMA (12 tahun).

Pasalnya, banyak warga dari keluarga miskin tidak mampu menyekolahkan anaknya ke tingkat SMA lantaran tidak memiliki biaya. Akibatnya, mereka harus puas hanya mampu menyekolahkan anaknya di tingkat SD dan SMP.

“Kami sudah terbantu dengan adanya program pendidikan gratis ditingkat SD dan SMP. Tapi alangkah baiknya lagi jika pendidikan gratis itu juga berlaku ditingkat SMA. Sebab selama ini, masyarakat selalu terbentur dengan biaya saat akan menyekolahkan anaknya ke SMA,” kata Wawan warga Kecamatan Pematangsawa.

Menurut buruh serabutan ini, dengan mengenyam pendidikan sampai tingkat SMA, diharapkan anak-anak mereka jauh lebih baik kehidupannya dari orang tua mereka yang pendidikannya pas-pasan.

“Sangat sedih, melihat anak-anak di desanya dan desa lainnya di Pematangsawa yang terpaksa putus sekolah, karena tak punya biaya,” kata dia.

Dampaknya, anak-anak dipaksa membantu orangtua di kebun atau sawah, untuk membiayai kehidupan sehari-hari. “Program sekolah gratis sampai SMA itu jadi dambaan semua masyarakat. Sebab, sampai saat ini sekolah sampai SMA adalah mimpi anak-anak kami,” katanya. ( zep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here