Raihan Suara Melejit, PKB Diprediksi Dapat 7 Kursi

707

KOTAAGUNG—Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Tanggamus dalam kontestasi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mengalami peningkatan suara yang signifikan.  Tahun 2014 lalu, PKB di Parlemen Tanggamus hanya dua kursi, namun di tahun 2019 ini, PKB diprediksi mendapat jatah tujuh kursi di parlemen Tanggamus.

Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara yang digelar KPU Tanggamus, di Hotel VIP Gisting lalu, PKB mendapat  32.240 suara. Raihan PKB tersebut mengungguli partai besar lain seperti Partai Golongan Karya (Golkar) yang meraih 27.019, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 22.962 suara dan Partai Amanat Nasional (PAN) 30.531 suara.

Menurut Ketua DPC PKB Tanggamus, Azuwansyah berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara, PKB dipastikan mendapat tujuh kursi rinciannya, untuk dapil I meliputi Pematangsawa , Semaka dan

Bandarnegerisemuong PKB mendapat jatah satu kursi, di dapil II meliputi Wonosobo, Kotaagung, Kotaagung Timur dan Kotaagung Barat mendapat jatah dua kursi, lalu di Dapil III Kecamatan Gisting, Gunung Alip dan Sumberejo PKB meraih satu kursi, Dapil IV Kecamatan Airnaningan, Pulaupanggung dan Ulubelu meraih satu kursi, Dapil V Pugung dan Talangpadang meraih satu kursi dan dapil VI Limau,Bulok, Cukuhbalak, Kelumbayan dan Kelumbayan Barat meraih satu kursi.

Berdasarkan prediksi, dari Dapil I yang dipastikan melenggang ke DPRD Tanggamus adalah Nuzul Irsan, didapil II bakal diisi Irwandi Suralaga dan Helmi, di dapil III yang dipastikan bakal duduk yakni Yoyok Sulistyo, Dapil IV Zulqi Kurniawan, Dapil V Mujibul Umam dan Dapil VI Edi Yalismi.

“Pertama kami  mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Tanggamus atas amanah dan kepercayaan yang diberikan pada PKB Semoga PKB kedepan dapat menjadi jembatan penyalur aspirasi masyarakat Tanggamus dengan pemerintah daerah, “ujar Azuwansyah, Minggu (5/5).

Kemudian saat disinggung mengenai faktor Cawapres KH. Ma’ruf Amin kiyai dari kalangan NU sekaligus sesepuh PKB yang mendongkrak elektabilitas PKB dalam pileg 2019, Azuwansyah membenarkan adanya faktor KH. Ma’ruf.

” Ya, saya setuju dengan pendapat itu, Kiyai Ma’ruf adalah tokoh NU dan sesepuh PKB sehingga sosoknya bisa menaikkan elektabilitas suara partai, selain itu, para caleg PKB dalam merebut simpati rakyat dengan pendekatan kekeluargaan dan keikhlasan dalam berjuang, “ujar Azuwansyah.

Ia juga berpesan kepada caleg PKB untuk dapat menjaga amanah yang telah diberikan rakyat dengan baik.”  Jangan lupa dengannrakyat karena selama lima tahun kedepan kita dilihat, diperhatikan oleh rakyat, “pesan Azuwansyah.

Sementara, Ketua KPU Tanggamus Otto Yuri Saputra, mengatakan bahwa KPU Tanggamus belum memutuskan jumlah kursi parpol di DPRD Tanggamus, sebab masih menunggu intruksi dari KPU RI.” Kalau hanya prediksi dari masing-masing parpol ya sah-sah saja. Untuk menentukan perolehan kursi di DPRD, KPU punya mekanismenya dan saat ini kami masih menunggu arahan dari KPU Lampung dan KPU RI,” kata Otto.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here