PDIP Raih Suara Tertinggi

445

GISTING—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanggamus telah menyelesaikan pleno rekapitulasi perolehan suara hasil Pemilu 2019. Pelaksanaan pleno dilaksanakan di Hotel VIP, Kecamatan Gisting sejak Senin 29 April 2019 dan berakhir pada Kamis 2 Mei 2019. Peserta rapat pleno terdiri KPU, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), para saksi calon presiden, saksi calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD), saksi partai yang dijaga ketat oleh kepolisian dan TNI.

Menurut Ketua KPU Tanggamus Otto Yuri Saputra, kegiatan ini hanya merekap perolehan suara dari tiap PPK. Selanjutnya dijumlahkan agar didapat jumlah suara untuk tingkat kabupaten. Selanjutnya itu akan menjadi bahan pleno di tingkat provinsi oleh KPU Lampung.

“Hasil pleno di sini hanya bersifat sementara sebab masih akan terus direkap ke jenjang lebih tinggi yakni di provinsi dan pusat. Maka kami belum bisa umumkan hasil resminya saat ini,” ujar Otto.

Ia mengaku, nanti akan ada saatnya KPU Tanggamus mengumumkan hasil rekapitulasi perolehan suara menjadi hasil Pemilu 2019. Itu diputuskan setelah adanya keputusan dari KPU RI yang menghimpun seluruh hasil perolehan suara dari seluruh Indonesia.

“Jadi hasil pleno dari Tanggamus mulai kami bawa ke KPU Lampung untuk pleno di tingkat provinsi. Selanjutnya kapan KPU Lampung akan menggelar pleno itu adalah kewenangan KPU Lampung. Tugas kami hanya menyerahkan hasil pleno dari tingkat kabupaten,” tambah Otto.

Meski begitu, selama pelaksanaan pleno oleh KPU Tanggamus, didapat perolehan suara seluruh partai mulai dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) totalnya mendapat 32.240 suara. Lalu Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 26.593 suara.

Kemudian Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) 83.076 suara, Partai Golongan Karya (Golkar) 27.019 suara, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) 31.396 suara, Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) 1.105 suara.

Lalu Partai Berkarya 7.035 suara, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 32.123 suara, Partai Pemuda Indonesia (PPI) 8.501 suara, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 22.962 suara, Partai Amanat Nasional (PAN) 30.531 suara, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 571 suara.

Lantas Partai Demokrat 15.005 suara, Partai Bulan Bintan (PBB) 172 suara, Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) 373 suara.

Jalannya pleno berakhir dengan situasi kondusif kendati dihujani interupsi dari pada saksi, namun hal itu masih dalam kewajaran diera demokrasi.

Namun karena kelelahannya para petugas dan saksi penandatangan hasil pleno tingkat KPU Tanggamus dilaksanakan sejak siang hingga malam, selanjutnya hasil pleno langsung di distribusikan ke KPU Provinsi Lampung pukul 19.00 WIB dengan pengawalan anggota TNI dan Polres Tanggamus.

Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, melalui Wakapolres Kompol Andik Purnomo Sigit, mengatakan, rangkaian pengamanan Pleno Rekapitulasi KPU Tanggamus yakni Suara Presiden/Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten telah selesai 100 persen.

Pun demikian, pengamanan Polres Tanggamus tidak hanya berhenti hingga sampai disitu, sebab pengawalan hasil pleno dilakukan pengawalan oleh TNI dan Polri ke KPU Provinsi Lampung.

Selain itu, pengamanan juga dilaksanakan terhadap kotak suara yang dari tempat pleno yang akan dikembalikan ke gudang KPU termasuk pengamanan gudang KPU hingga rangkaian Pemilu 2019 dinyatakan berakhir.

“Proses rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilu 2019 KPU Tanggamus telah selesai dan hasilnya langsung dikirim ke kantor KPU Provinsi Lampung malam inu juga,” ungkap Kompol Andik Purnomo Sigit dalam keteranganya di lokasi pleno.

Wakapolres menegaskan bahwa dalam pelaksanaan pengamanan rapat pleno berjalan dengan lancar dan kondusif, tidak ada kendala yang mengganggu serta seluruh petugas juga dalam kondisi baik.

“Pengamanan berlangsung lancar, seluruh personel pengamanan baik TNI maupun Polri maupun petugas KPU, Bawaslu, PPK serta seluruh saksi dalam kondisi tanpa kurang satu apapun,” tegasnya.

Kesempatan itu juga, Wakapolres mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur pendukung dan masyarakat yang telah mensukseskan seluruh rangkaian Pemilu 2019 di Kabupaten Pringsewu sehingga berlangsung aman, damai dan kondusif.

“TNI Polri mengawal seluruh rangkaian Pemilu 2019 yang sudah dilakukan secara berjenjang hingga hasilnya telah dikirimkan ke KPU Provinsi Lampung, terima kasih kepada seluruh unsur dan masyarakat walaupun berbeda pilihan namun mampu menciptakak situasi yang aman damai dan sejuk di Kabupaten Tangamus,” pungkasnya. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here