Awas, Banyak “Ranjau” di Jalinbar Batukeramat

459

KOTAAGUNGTIMUR – Pengendara yang melintasi Jalinbar Batukeramat, Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus, harus berhati-hati. Pasalnya, banyak terdapat jalan berlubang dengan diameter cukup lebar dan dalam.

Pantauan Radar Tanggamus, Rabu (1/5) Sore, terdapat sedikitnya 60 lubang jalan di Jalinbar Batukeramat. Diameter lubang bervariasi. Jalan yang berlubang tampak jadi genangan air pasca diguyur hujan.

Menurut warga setempat, Slamet, ruas jalinbar di pekon setempat memang sudah rusak sejak lama. Acap kali jalan berlubang itu diperbaiki, dengan cara tambal sulam. Namun, perbaikan itu tidak bertahan lama karena selang beberapa bulan jalan kembali berlubang.

“Hampir tiap tahun dibenerin, tapi cuma tambal sulam. Nggak sampe setengah tahun rusak lagi, ” ujarnya.

Ia mengatakan, kondisi ruas Jalinbar di Batukeramat yang banyak dihiasi lubang selain menghambat laju kendaraan, juga bisa membahayakan pengendara yang melintas. Terlebih, beberapa lubang jalan berada di jalan yang menikung.

“Kalau lagi ngebut, tiba-tiba masuk ke lubang tentu sangat membahayakan, khususnya untuk pengendara roda dua, ” kata Slamet.

Selain itu, Ari, pengguna jalan mengeluhkan kondisi jalan tersebut. Ia mengaku, harus ekstra hati-hati saat melintasi jalan tersebut, sebab sebagian aspal jalan sudah banyak yang mengelupas.

“Kalau lewat jalan ini harus hati-hati, karena banyak ranjaunya. Saya aja yang tiap hari pulang kerja lewat jalan ini masih tetap kejebak di jalan yang berlubang, apalagi kalau yang baru pertama kali lewat jalan ini. Itu karena lubang jalannya memang sudah terlalu banyak,” ungkapnya.

Ia mengaku, saat ini ruas jalan tersebut memang sedang dalam tahap perbaikan. Namun perbaikan jalan yang dilakukan dinilai tidak beraturan, karena masih banyak titik jalan berlubang yang belum diperbaiki.

“Perbaikan jalannya gak beraturan, seharusnya kan ngikutin alur jalan, ini mah lompat-lompat, jadi banyak titik jalan berlubang yang kelewat, belum diperbaiki, ” pungkasnya. (uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here