Diprediksi, Incumbent Masih Dominasi Kursi Dewan

1298
Foto Ilustrasi

PRINGSEWU – Pemilu serentak 2019 di Kabupaten Pringsewu untuk prediksi hasil sementara yang duduk di kursi DPRD 
Kabupaten setempat masih didominasi wajah lama Incumbent. 

Dari 40 anggota DPRD Pringsewu  diantaranya 26 anggota wajah lama (incumbent) dan 14 wajah baru.

Sedang dua anggota DPRD Pringsewu lainnya malah mujur diprediksi bakal melangkah duduk di kursi DPRD Provinsi Lampung yakni Zunianto dari PKS dan H Stiyono dari PAN.

Berdasarkan pantauan dan pendataan yang dihimpun Radar Tanggamus, dari ke-40 kursi anggota DPRD periode 2019-2024 Kabupaten Pringsewu berasal dari sembilan (9) parpol, sedang menjadi peserta Pemilu  serentak 2019 ada 16 parpol.

Tercatat sementara, dari kesembilan Parpol itu yakni Partai Golkar (7 kursi)  Partai Kebangkitan Bangsa (6 kursi), 
PDI Perjuangan (5 kursi), PAN (5 kursi), Gerindra (5 kursi), Partai Demokrat (4 kursi), Partai Keadilan Sejahtera (4 kursi),  Partai Nasional Demokrat (Nasdem) (2 kursi) dan PPP (2 kursi). 

Namun keputusan finalnya masih menunggu hasil rekapitulasi di tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pringsewu pada beberapa hari kedepan.

Bardasarkan pendataan sementara, untuk 26 anggota incumbent yang duduk kembali diantaranya dari Partai yakni Asita Nurgaya, Sagang Nainggolan, Lusi Aryanti, Anton Subagio dan Suherman Golkar. 

Kemudian dari PDI-P yakni Retno Palupi, Rizki Raya Saputra, Suryo Cahyono dan Aminnallah Adisyanto.  Selanjutnya dari PAN yakni Asa Attorida, Mustopa, Hi.Hartono.

Dari Partai Gerindra yakni Amproni, Rahwoyo, Najaruddin, Umi Laila. Partai Demokrat yakni Joni Sopuan, Nurul Ekhwan, Ririn Puspita Sari, Partai Nasdem yakni Leswanda Putra dan Rohmansyah.  PKB yakni Maulana M.Lahudin dan Hj.Mastuah, dari PPP yakni Johan Arifin dan Sururiyah , dan Triaksono  dari PKS.

Sedang ke-14 anggota DPRD wajah baru yakni dari PKB yakni Bambang Sugeng Irianto, Iin Irawan, Muhammad Zuhdi dan Hernawan, Sudiono (Gerindra), Rini, Hj.Rita Irviani (Golkar), Safruddin (PAN), Mira (Demokrat), Aris Wahyudi (PDIP) dan tiga wajah baru dari PKS yakni Homsi Wastobir, Suryo Atmo dan Meifi Aninda Larasati

Diketahui pada Pemilu 2014 lalu, ada 10 partai politik  yang berhasil menduduki kursi DPRD kabupaten Pringsewu. Maka pada hasil Pemilu 2019 ini ada perubahan, sebab ada satu partai yang tergusur dari kursi DPRD Pringsewu, yakni Partai Keadilan dan persatuan Indonesia (PKPI). 

Sementara Ketua KPU Kabupaten A.Andoyo ketika dikonfirmasi tentang kapan pihak KPU akan menggelar  Pleno di tingkat KPU Kabupaten, dia menjawab akan rapat dulu dengan jajarannya.

“Kami akan rapat dulu, kemungkinan pleno di tingkat KPU pada akhir April ini. Sebab sambil menunggu penyetoran data Formulir DA 1 dan DAA 1 dari masing-masing PPK yang sudah selesai penghitungannya,” jelas Andoyo.(Mul).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here