Banyak KPPS “Tumbang”, Pemkab Prihatin Sekda Intrusikan Petugas Kesehatan Siaga di Lokasi Pleno

263

KOTAAGUNG—Banyaknya anggota penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) 2019 yang mengalami sakit hingga meninggal dunia karena kelelahan saat atau usai melaksanakan tugas mendapat perhatian serius dari Pemkab Tanggamus.

Menurut keterangan Komisioner KPU RI Viryan Aziz (23/4), terdapat 119 orang meninggal dunia, 548 orang mengalami sakit. Bahkan satu diantaranya terdapat di Kabupaten Tanggamus, atas nama Irfan Hilmi yang meninggal pada Jumat 19 April yang lalu, usai bertugas di TPS 07 Pekon Tiuh Memon, Kecamatan Pugung. Selain itu terdapat juga empat orang lainnya yang sakit dan dirawat di Rumah Sakit.

Menyikapi kondisi tersebut Pemerintah Kabupaten Tanggamus melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanggamus Drs. Hamid Heriansyah Lubis, menyatakan rasa prihatin dan duka cita kepada para pahlawan demokrasi tersebut.

Selanjutnya untuk mencegah terjadinya hal serupa kembali terulang dalam sisa waktu penghitungan suara saat ini. Sekda menginstruksikan Dinas Kesehatan dan jajaran, melalui Kabid Sumberdaya Kesehatan Mujiono, mewakili Kadis Kesehatan Sukisno, agar hari ini Rabu (24/4) untuk segera mensiagakan mobil ambulance dan petugas kesehatan di seluruh lokasi Pleno Penghitungan Suara yang sedang berlangsung dan yang akan dilakukan selanjutnya.

“Hari ini juga saya instruksikan kepada Dinas Kesehatan dan jajarannya, untuk segera mensiagakan mobil ambulance dan petugas medisnya di seluruh lokasi pleno penghitungan suara, baik yang sedang berlangsung maupun yang akan dilaksanakan selanjutnya,” tegas Sekda.

“Saat jam istirahat, agar dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas kesehatan terhadap penyelenggara Pleno PPK di setiap Kecamatan yang sedang melaksanakan Rapat Pleno Penghitungan Suara. Termasuk ketika proses pleno berlangsung, jika ada petugas yang mengeluh dengan kondisi kesehatannya, langsung ditangani,” ujar Sekda.

Namun lanjut Sekda, meskipun kita siaga, mudah-mudahan tidak ada yang mengalami gangguan kesehatan dan proses pleno dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

Sementara Sekretaris KPUD Tanggamus Yetrisman, dihubungi secara terpisah menyampaikan terima kasih atas perhatian dan tindakan yang dilakukan oleh Pemkab Tanggamus terkait kondiso tersebut. “Terima kasih kepada Pemkab Tanggamus atas perhatian dan tindakan yang dilakukan. Sungguh ini sangat membantu kami,” katanya.

Ia juga menerangkan saat ini masih terdapat kecamatan kecamatan yang tengah melaksanakan Pleno, yakni Kecamatan Kota Agung Pusat, Kota Agung Barat, Limau, Pematang Sawa, Bandar Negeri Semuong, Semaka dan Bulok. Selain itu Pleno Tingkat Kabupaten juga akan dilaksanakan pada tanggal 29 April mendatang. (ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here