Usia 10 Tahun, Pringsewu Masih “Bersampah”

341

PRINGSEWU – Setelah hari jadi ke 10, rupanya tingkat kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan nampaknya masih kurang. Hal ini bisa dilihat di Jalan Pemuda Kelurahan Pringsewu Utara Kecamatan Pringsewu, dimana di lokasi tersebut dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Hal ini berdampak pada lingkungan yang terlihat kotor dan kumuh. Ditambah lagi apabila ada kendaraan roda empat dan juga angin lewat membuat tumpukan sampah kerap berterbangan disertai bau yang menusuk hidung.

Kondisi ini disebabkan sebagian warga mengadopsi perilaku membuang sampah sembarangan yang terpatri sejak kecil hingga dewasa. “Selain menimbulkan bau kurang sedap hal tersebut juga mengganggu pemandangan,” papar Kurniawan warga sekitar, Senin (15/4) kemarin.

Dia mengungkapkan keberadaan sampah yang yang berada di jalan bukan semata-mata dari warga Pringsewu Utara yang membuang sampah tersebut. Melainkan, sampah tersebut merupakan dari luar kelurahan setempat. “Berdasarkan info yang saya dapat, sampah tersebut berasal dari luar kelurahan, mereka kerap membuang sampah pada pagi hari, waktu subuh,” katanya.

Dia menjelaskan, keberadaan sampah di jalan tersebut akan membuat tempat itu menjadi kotor dan banyak penyakit. Contohnya sampah yang berbahan plastik, sampah yang seperti ini memang susah untuk diuraikan, meskipun sampah tersebut di bakar.

Dirinya mengaku prihatin melihat kondisi lahan tersebut yang merupakan bukan tempat pembuangan sampah namun dijadikan lahan untuk pembuangan sampah. “Kesadaran masyarakat masih sangat rendah untuk membuang sampah pada tempatnya, padahal dilokasi sudah ada himbauan untuk membuang sampah sembarangan,” jelasnya.

Kedepan dirinya berharap kepada pemerintah untuk memberikan tempat pembuangan sampah sehingga sampah tidak berceceran. “Saya berharap kepada pemerintah daerah agar menyediakan tempat pembuangan sampah khusus. Sehingga, permasalahan seperti kedepan tidak terulang lagi,” katanya.

Akan tetapi cara untuk menanggulangi masalah ini bukan hanya peran pemerintah yang menyediakan fasilitas tempat sampah. Tetapi juga peran masyarakat yang harus ikut serta menggalangkan kebersihan dan juga kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan.(arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here