Akhir April 182 Pj. Kakon Akan Dilantik

1102

KOTAAGUNG–Sekretariat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus melalui Bagian Tata Pemerintahan tengah melakukan pemberkasan surat keputusan (SK) bagi calon Pj. Kepala Pekon yang akan habis pada masa jabatan April 2019.

Kabag Tapem Sekretariat Pemkab Tanggamus Wawan Haryanto menyampaikan, proses pemberkasan SK bagi kepala pekon yang habis masa jabatan pada bulan April tengah dilakukan, dan nantinya jika telah selesai dilakukan maka tahapan selanjutnya yakni menunggu SK tersebut ditandatangani oleh Bupati Tanggamus, sehingga diperkirakan pada akhir April mendatang Pj Kakon tersebut akan dilantik.

“Jumlah Kakon yang masa jabatannya berakhir pada April ini berjumlah 182 pekon tersebar di 20 kecamatan. Tahapan pemberkasan SK telah kita lakukan, sehingga nanti kita sampaikan ke Bupati untuk ditandatangani,”kata Wawan, Kamis (11/4).

Wawan menerangkan, pihaknya juga menunggu keputusan dari Bupati terkait tempat pelantikan bagi 182 Pj. Kakon tersebut, apakah nanti akan dilakukan serentak atau dilaksanakan dimasing-masing kecamatan. Untuk yang mengisi jabatan sebagai Pj. Kakon sesuai dengan ketentuan yakni pegawai negeri sipil (PNS) apakah itu PNS dari Pemkab Tanggamus maupun kecamatan.

“Yang menjabat sebagai Pj. Kakon selain berasal dari PNS, juga ada ketentuannya, yakni paling tidak yang bersangkutan mempunyai ilmu dan pengalaman dibidang pemerintahan, dan diutamakan warga dari pekon setempat, karena kalau dia warga setempat tentunya dia mengetahui karakteristik dan wilayah tersebut,”ujarnya.

Wawan menambahkan, selain di bulan April masa jabatan kakon juga ada habis di bulan Mei dengan Jumlah 11 pekon, Juli satu pekon, September sembilan pekon, Oktober enam pekon, November tujuh pekon, serta Desember tiga pekon, total keseluruan Kakon yang habis masa jabatanya pada tahun 2019 berjumlah 219 pekon.

“Terhitung 30 hari sejak SK tersebut ditandatangani oleh Bupati, Pj. Kakon tersebut harus segera dilantik, dan masa jabatannya akan berakhir sampai dengan terpilihnya Kakon definitif, dan kita harapkan proses pilkakon di Tanggamus dapat berjalan dengan baik,”tandasnya. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here