Jelang Pileg dan Pilpres Kodim 0424 Siaga

370

KOTAAGUNG—Komando Distrik Militer (Kodim) 0424/Tanggamus terus siaga menghadapi segala kemungkinan yang terjadi jelang perhelatan Pileg dan Pilpres 17 April mendatang.

Komandan Kodim (Dandim) 0424/Tanggamus, Letkol Arh. Anang Hasto Utomo mengatakan, pengamanan jelang pesta demokrasi sudah mulai dilakukan mengingat tinggal hitungan hari lagi. Tidak sampai disitu, untuk mendukung serta mensukseskan pemilu tersebut nantinya beberapa personel dari Kodim 0424 Tanggamus akan disebar ke sejumlah titik tempat pemungutan suara (TPS) berlangsung.

“Secara otomatis yang diturunkan seluruh personel dan tiap TPS akan kita tempatkan personel kecuali nanti ada perintah lain, karena ada bantuan kendali operasi (BKO) dibawah komando kepolisian dan kita terlibat didalamnya,”kata Anang ketika ditemui usai menghadiri sosialisasi Pemilu yang dilaksanakan Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) PWI Tanggamus di Lapas Kelas II b Kotaagung, Rabu (10/4).

Sementara itu, Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto melalui Kassubag Humas Iptu Ruzan AF, menerangkan BKO yakni dari Polda Lampung, Komando Resort Militer, serta Marinir yang nantinya akan bergabung dengan personil dari Polres, Kodim 0424 Kabupaten Tanggamus yang juga akan turut serta mengamankan jalannya Pemilu di Kabupaten Pringsewu.

“Untuk jumlah personil pengamanan ditiap TPS disesuaikan dengan titik kerawanannya, namun kita harapkan Pileg dan Pilpres tahun ini, aman damai dan sejuk, dalam artian tidak ada permasalahan yang terjadi,”kata Ruzan.

Ia menerangkan, BKO dari Polda Lampung, Korem 043 Garuda Hitam, Marinir, serta personil Polres Tanggamus dan Kodim 0424 pada Senin mendatang akan melakukan acara pergesaran pasukan (Serpas) menuju ke TPS yang memang telah ditentukan, dan akan terus siaga hingga berakhirnya penghitungan suara.

“Personil pengamanan akan stand by, dan melekat dalam artian pengamanan akan terus dilakukan, hingga penghitungan surat suara selesai, dan memastikan surat suara tersebut dalam keadaan aman, baik pada saat dibawa ke PPK maupun ke KPU Kabupaten,”tandasnya. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here