Dishub Lampung Survei Lahan Calon Lokasi Terminal

374

KOTAAGUNG–Rencana pembangunan terminal Tipe B di Kabupaten Tanggamus yang merupakan usulan dari Pemkab Tanggamus akhirnya mendapat respon positif dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung hal itu setelah utusan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung mengunjungi Kabupaten Tanggamus dalam rangka melakukan survei lahan.

Kepala Dishub Tanggamus, Razi Azanisyah mengatakan dalam survei tersebut, Dishub Provinsi Lampung menurunkan dua kepala bidang (Kabid) dan satu Kasubag yakni, Kabid Pengembangan Transportasi Syamsu Rizal, Kabid Teknik dan Sarpras Yudi Pasaribu dan Kasubag Perencanaan Susdewi lalu Kasi Infrastruktur Bappeda Provinsi Lampung, Endang.

“Ada dua lahan yang disurvei pada Senin lalu 8 April lalu yakni lahan pertanian yang posisinya di Jalinbar Kecamatan Talangpadang dan lahan di Jalinbar Kelurahan Kuripan Kecamatan Kotaagung, “kata Razi, Rabu (10/4).

Dilanjutkan Razi, bahwa kedua lahan yang disurvei tersebut mendukung untuk dibangun Terminal Tipe B. Namun keputusan final ada di Pemprov Lampung sebab yang membangun nantinya Pemprov Lampung.

” Kalau lahan pertanian di Kecamatan Talangpadang itu cocok, tapi harus ada pembebasan lahan dan itu tidak murah. Sementara yang lahan di Jalinbar Kuripan Kotaagung saat ini berdiri kantor UPT Dinas Pangan dan Pertanian, ini yang sedang ditelusuri mengenai asetnya, kalau memang punya Pemkab Tanggamus mereka akan meminta hibahnya kalau punya Kementrian maka akan diurus dilevel kementerian, “ujarnya.

Masih kata Razi, bahwa, rencana pembangunan Terminal Tipe B ini, sudah digagas sejak tahun 2016 lalu saat itu Kepala Dishub Tanggamus dijabat Hamid Heriansyah Lubis. Dan juga sudah masuk kedalam Musrenbang tahun 2018 tingkat Provinsi Lampung Kemudian untuk mendukung rencana tersebut, pemkab melalui Dishub Tanggamus sudah melakukan feasibility studi (FS). “Dari FS tersebut ternyata cocok jika Jalinbar diwilayah Tanggamus dibangun terminal tipe B, kita sebagai pemkab sifatnya hanya mengusulkan, sementara yang membangun adalah Pemprov Lampung,” kata dia.

Razi juga mengaku bahwa Pemkab Tanggamus sangat menyambut baik apabila Pemprov Lampung nantinya jadi membangun terminal tipe B. “Adanya terminal tipe B tentu akan berdampak pada peningkatan perekonomian, harapannya Pemkab Tanggamus juga dilibatkan dalam pengelolaan sehingga bisa ada pemasukan bagi Pemkab Tanggamus,” ucapnya.

Kendati baru sebatas wacana, lanjut Razi rencana pembangunan terminal Tipe B Kotaagung akan dikolaborasikan dengan pusat perbelanjaan. “Rencananya diatas pusat perbelanjaan modern dan dibawahnya baru terminal. Kalau hasil survei ini oke maka baru dibangun tahun 2020 atau 2021. Dan Kendaraan yang masuk terminal nantinya bus dan juga truk. Selama ini kan bus dan truk tidak masuk terminal Kotaagung karena, terminal Kotaagung tipe C yang tidak mewajibkan bus dan truk masuk untuk membayar retribusi, “pungkas Razi. (ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here