Genjot Perekonomian dan Kesejahteraan Warga Melalui Pembangunan Infrastruktur

548

SEMAKA – Meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan infrastruktur merupakan salah satu misi yang saat ini sedang gencar-gencarnya dilakukan Pemerintah Pekon Srikaton, Kecamatan Semaka.

Melalui program Dana Desa Tahun 2018, Pemerintah Pekon Srikaton dibawah pimpinan Kepala Pekon Ngatimin telah berhasil membangun sejumlah infrastruktur untuk menunjang perekonomian warga. Diantaranya adalah infrastruktur jalan dan irigasi persawahan.

Pembangunan infrastruktur jalan berupa rabat beton yang berlokasi di Dusun 03 dengan panjang sekitar 112 meter dan pembangunan jalan onderlagh sepanjang 400 meter di Dusun 05 telah rampung dikerjakan. Kini warga sudah bisa menikmati kelancaran dalam transportasi.



Pasokan air untuk areal persawahan juga kini jadi semakin lancar setelah diwujudkannya pembangunan irigasi oleh Pemerintah Pekon Srikaton, guna meningkatkan produktifitas pertanian. Irigasi tersebut berlokasi di Dusun 05, dengan total panjang sekitar 345 meter.

Tidak hanya itu, program Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Tahun 2018 yang diterima pemerintah pekon setempat sebesar Rp 1,1 miliar juga dimanfaatkan untuk peningkatan pembangunan infrastruktur lainnya seperti drainase dan talud penahan tanah. Rinciannya, untuk pembangunan drainase dilaksanakan di Dusun 03, dengan total panjang sekitar 162 meter. Dan pembangunan talud penahan tanah dilaksanakan sepanjang 467 meter yang juga berlokasi di Dusun 03 dan Dusun 06.

“Selain itu, Dana Desa juga kita manfaatkan untuk bidang pendidikan yakni pembangunan infrastruktur gedung pendidikan anak usia dini (PAUD) berukuran 6×9 meter, yang berlokasi di Dusun 02,” kata Kepala Pekon Srikaton Ngatimin, didampingi Sekdes Suwanto dan Kaur Keuangan Budi Pembela, Senin (8/4).

Ia berharap dengan adanya pembangunan Dana Desa ini bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dipekon setempat.

“Dan kami juga mengimbau kepada masyarakat agar dapat menjaga dan merawat hasil pembangunan yang sudah dilakukan, supaya hasil pembangunan ini bisa terus berfungsi dan manfaat bisa terus dirasakan oleh masyarakat,” pungkasnya. (uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here