Bangga, Masyarakat Karangrejo Kini Punya Balai Rakyat

687
Foto Ilustrasi Balai Rakyat, Dokumentasi Radar Tanggamus


SEMAKA – Masyarakat Pekon Karangrejo Kecamatan Semaka patut berbangga hati karena saat ini sudah memiliki Balai Rakyat.

Balai Rakyat yang terlihat megah di Dusun I itu dibangun oleh Pemerintah Pekon Karangrejo dibawah pimpinan Kepala Pekon Susilo, menggunakan anggaran Dana Desa Tahun 2018.

Kepala Pekon Karangrejo Susilo menjelaskan, gedung balai rakyat berukuran 12×9 meter dengan tinggi 4 meter ini selain berfungsi sebagai tempat untuk terselenggaranya seluruh kegiatan pekon, juga difungsikan sebagai kantor pekon guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Nah, untuk seluruh kegiatan pekon nanti akan diselenggarakan di balai rakyat, termasuk kegiatan musyawarah pekon, ” ujarnya, Senin (8/4).

Selain bangga karena sudah memiliki balai rakyat, masyarakat Pekon Karangrejo juga patut tersenyum. Pasalnya, melalui anggaran Dana Desa Tahun 2018 sebesar Rp 1,2 miliar, Pemerintah Pekon Karangrejo juga telah mewujudkan beberapa item pembangunan infrastruktur lainnya yang sebelumnya menjadi harapan masyarakat. Diantaranya adalah pembangunan gorong-gorong jalan dan drainase.

Pembangunan dua item infrastruktur tersebut memang sudah lama didambakan warga, karena perannya sangat vital dan dibutuhkan. Terutama untuk memperlancar saluran pembuangan air, sisa banjir.

“Pekon Karangrejo ini merupakan salah satu pekon yang langganan banjir setiap tahunnya. Jadi, agar banjir cepat surut makanya kita bangun drainase yang cukup lebar dan dalam, berikut gorong-gorongnya, ” ujar Kepala Pekon yang sudah menjabat selama tiga periode ini.

Pembangunan drainase tersebut, lanjut dia, berlokasi di Dusun III yang berbatasan dengan Dusun IV. Panjangnya, sekitar 378 meter, lebarnya sekitar 1 meter dan dalamya sekitar satu meter. Sedangkan pembangunan gorong-gorong jalannya memiliki panjang sekitar 6 meter.

“Selain untuk pembangunan balai rakyat, drainase dan gorong-gorong, Dana Desa juga kita manfaatkan untuk membangun sanitasi dan tempat wudhu di salah satu Pondok Pesantren yang ada di Pekon Karangrejo, ” ungkapnya. (ark)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here