Pemkab Tanggamus Komitment Lestarikan Adat Budaya

321

GISTING — Pejabat Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis, mewakili Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Selasa siang (2/4) bersilahturahmi bersama Tokoh Adat Marga Pugung Kecamatan Pugung di Rumah Makan Ratu Kuring, Kecamatan Gisting.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Ikatan Warga Adat Pepadun (IWAPTA) Kabupaten Tanggamus Hi. Juanto Muhazirin Gelar Pusikhah Mego dan Sekretaris IWAPTA Suhaimi Sobri Gelar Pengikhan Adik Suntan beserta tokoh adat Marga Pugung lainnya.

Dalam acara yang santai dan penuh kekeluargaan tersebut Pj. Sekdakab menyampaikan komitmen Pemkab Tanggamus dalam pelestarian adat yang ada di Kabupaten Tanggamus, baik Saibatin dan Pepadun.

Sekda menerangkan dalam program dibidang pelestarian adat, untuk tahap pertama Pemkab Tanggamus akan membangun Sesat Agung (Balai Adat). Ia juga menyampaikan kepuasannya bahwa program tersebut disambut baik oleh IWAPTA.

“Alhamdulillah apa yang menjadi program bupati disambut baik oleh Ketua IWAPTA dan jajarannya. Bahwa yang pertama akan dibangun Sesat Agung untuk wilayah keluarga besar Pepadun, dimana penyediaan lahan nanti akan disiapkan kedepan. Insya Allah di tahun 2020 akan dianggarkan juga dan akan dibangun secara bertahap. Manfaatnya adalah pelestarian adat budaya. Generasi anak cucu kita harus tau sejarah leluhurnya. Keadatannya sekarang sudah dalam tahap kritis akibat kemajuan teknologi,” ungkap Lubis.

Lebih lanjut Sekda menyampaikan bahwa Pemkab Tanggamus dalam waktu dekat akan juga melakukan komunikasi yang sama dengan masyarakat adat Saibatin. “Karena pastilah aspirasi itu berbeda. Artinya saya menyebutkan keadatan di Kabupaten Tanggamus wajib bersatu, tetapi dalam adat masing masing punya keadatan dan aturan tersendiri,” ujarnya.

Selain itu Lubis juga menyampaikan bahwa berdasarkan komunikasi dengan IWAPTA, agar bagaimana kedepan IWAPTA memiliki badan usaha. “Karena kita punya program unggulan pariwisata, mengapa tidak dari keadatan ini punya badan usaha UMKM, seperti membuat souvenir,  sehingga selain akan lebih mengenalkan adat yang ada, IWAPTA juga bisa memiliki pemasukan sendiri kedepannya.

“Pesan kami kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanggamus, mari kita bersatu karena tidak mungkin Kabupaten Tanggamus ini bisa berlari dengan cepat dan sejahtera,  tanpa kita bersatu,” harap Sekda.

Ketua IWAPTA Hi. Juanto Muhazirin menyampaikan bahwa pihaknya berterima kasih atas program Pemkab yang dilaksanakan untuk mendukung adat di Tanggamus.

Dirinya juga menyatakan sangat mendukung dan akan terus mendukung selama 5 tahun kepemimpinan Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, terkait apapun kebijakannya yang berpihak kepada masyarakat. “Kami juga memberikan dukungan penuh terkait dengan perjalanan pembangunan yang dijalankan oleh Bupati,” tandasnya.(rls/ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here