348 Napi Lapas Diperiksa Dahak dan Paru- Parunya

470

KOTAAGUNG–Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Lampung bersama Diskes Kabupaten Tanggamus melaksanakan kegiatan Skrining Tuberculosis (TBC) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kota Agung, Selasa (13/3) .

Dalam Skrining ini, warga binaan pemasyarakatan (WBP) tidak hanya mendapatkan pemahaman mengenai TBC saja tetapi juga diperiksa air liur, dahak dan dilakukan pemeriksaan paru-paru.

Kepala Seksi Pencegahan Penyakit, Winarti mendampingi Kepala Diskes Tanggamus Sukisno mengatakan, Skrining merupakan rangkaian periangatan hari TBC sedunia yang selalu diperingati setiap 24 Maret. Dan ia pun mengaku sangat terkesan dengan antusias warga binaan yang ada di Lapas Kotaagung.

“Kedepan akan kita jadikan agenda rutin untuk selalu memastikan kesehatan warga binaan agar terbebas dari penyakit TBC. Dan saya sangat terkesan sekali, para warga binaan antusias mengikuti pemahaman TBC,” kata dia.

Sementara Kalapas Kelas II B Kotaagung Sohibur Rachman menyambut baik kegiatan Skrining TBC yang dimotori oleh Diskes Lampung dan Diskes Tanggamus. Pemeriksaan ini, lanjut Sohibur penting untuk meningkatkan, membantu dan menjaga kesehatan bagi para WBP yang di Lapas.

“Ada 348 WBP yang diperiksa dahak dan parunya.Untuk hasilnya saat ini belum ketahuan, paling sekitar dua hari lagi hasilnya sudah bisa diketahui. Dan saya selaku pimpinan di Lapas Kotaagung sangatmengapresiasi sekali kegiatan ini. Dengan begini, kita sangat terbantu dalam hal pengecekan kesehatan bagi warga binaan. Dan apabila ada narapidana yang positif TBC akan di tindak lanjuti dan di serahkan untuk pengobatan dari dinas kesehatan,” ujar Sohibur.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here