Musrenbang RKPD Berlangsung Hari Ini Sekaligus Launching SITAPIS RATU

133

KOTAAGUNG—Pemkab Tanggamus melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tanggamus dalam rangka menyusun perencanaan pembangunan untuk tahun 2020 mendatang.

Kegiatan yang dipusatkan di GSG Islamic Center Kotaagung itu berlangsung selama tiga hari terhitung mulai hari ini ( Selasa, 12/3) sampai Kamis (14/3). Dan rencananya dibuka oleh Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri.

Menurut, Plt Kepala Bappelitbang Kabupaten Tanggamus Yadi Mulyadi, S. T, M. M, kegiatan tersebut akan dihadiri Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, S. E, M. M, Wakil Bupati Hi. AM. Syafii, S. Ag, Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, S. Sos, jajaran Forkopimda, Pj Sekkab Drs. Hamid H. Lubis, M. Si dan OPD Pemkab Tanggamus, camat, kepala pekon, mahasiswa dan ormas.

“Musrenbang RKPD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk periode satu tahun, sebagai penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Strategis Perangkat Daerah yang merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional dan dilakukan dengan pendekatan politik, teknokratik, partisipatif, atas-bawah (top down) dan bawah-atas (bottom up),”jelas Yadi Mulyadi yang didampingi Kepala Bidang Perencanaan dan Pendanaan Daerah, Feri Septiawan, SE, MM, Senin (11/3).

Dijelaskan Yadi bahwa rancangan RKPD yang telah dibahas merupakan rangkaian dari forum Musrenbang mulai dari tingkat pekon/kelurahan sampai dengan Musrenbang tingkat kabupaten ini, disusun berpedoman pada RPJMD, memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan tahun sebelumnya dan mengacu pada sasaran pembangunan nasional yang telah dicanangkan melalui 9 Agenda Prioritas Pembangunan atau Nawa Cita yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang RPJMN 2015-2019.

Masih kata Yadi, bahwa dalam Forum Musrenbang RKPD tersebut, Bupati Tanggamus akan menyampaikan beberapa isu strategis pembangunan tahun 2020 yang sudah diinventarisir, diantaranya isu strategis percepatan Pembangunan Proyek Strategis Nasional seperti Industri Maritim dan rencana pembangunan Kawasan Industri Pertahana. Isu Strategis Penyelarasan Program Pengembangan Kawasan Strategis Provinsi Lampung dan Kabupaten Tanggamus.

“Lalu Isu Strategis Pengembangan Koridor Ekonomi Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Tanggamus (MP3ET) yang dibagi kedalam 4 Koridor Ekonomi, yaitu Koridor 1 sebagai Pusat Pengembangan Tanaman Pangan, Minapolitan dan Konservasi, Koridor 2 sebagai Pusat Pengembangan Agroindustri dan Pertambangan”, Koridor 3 sebagai Pusat Pengembangan Agropolitan dan Koridor 4 sebagai Pusat Industri Maritim, Pariwisata, dan Penunjang Kawasan Minapolitan, terakhir isu Strategis Penanggulangan Kemiskinan Daerah
Terkait dengan penanggulangan kemiskinan daerah, “terang Yadi.

Dilanjutkan Yadi, bahwa dalam Musrenbang RKPD juga diberikan Reward bagi perangkat daerah, Kecamatan dan dunia usaha.” Reward tersebut bertajuk Tanggamus Award, kalau perangkat daerah indikator yang dinilai diantaranya laporan penyusunan program kerja sementara untuk dunia usaha, mengenai penyaluran coporate social responsibility (CSR) nya, “pungkasnya.

Ditambahkan Feri Septiawan, dalam Musrenbang RKPD tahun 2020 selain Tanggamus Award juga dilaksanakan grand final Pemilihan Putri Otonom tahun 2019.”Kemudian nanti juga akan launching aplikasi sistem perencanaan terintegrasi akuntabel transparan dan unggul (SITAPIS RATU), dalam aplikasi tersebut perencanaan dengan pengangaran jadi satu, berdasarkan rekomendasi KPK dan pelaksanaan Musrenbang Expo yang diikuti oleh semua SKPD yang mempunyai inovasi,” kata dia.(iqb/ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here