PA Tanggamus Komitmen Wujudkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

230

KOTAAGUNG—Pengadilan Agama (PA) Tanggamus Kelas I B berkomitment untuk mewujudkan zona bebas korupsi. Selain itu, pelayanan prima kepada masyarakat sudah menjadi kewajiban bagi jajaran pegawai PA Tanggamus.

Menurut Ketua PA Tanggamus Kelas I B, Drs. H. Asrori, S. H, M. H, dalam rangka pelaksanaan secara konkrit program reformasi birokrasi dilingkungan pengadilan agama, pihaknya telah melaksanakan pencanangan pembangunan zona integritas (ZI) menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Pencanangan tersebut dilaksanakan pada 18 Oktober 2018 lalu.

Dilanjutkan Asrori, sebelum penandatanganan program zona integritas diawali dengan pembacaan fakta integritas yang dipimpin dirinya selalu Ketua PA Tanggamus dan diikuti oleh seluruh pegawai. “Dalam deklarasi tersebut turut dihadiri Ketua PA Bandar Lampung Drs. H. Endang Ali Ma’sum, SH. MH, Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, Kepala Kejari Tanggamus David P Duarsa dan Ketua Tim PN Kotaagung Ardi Wijayanto,” ujarnya, Minggu (10/3).

Adapun dasar dari pencanangan WBK dan WBBM, yakni Peraturan Menpan-RB No 52 Tahun 2014 tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM di instansi pemerintah. Surat Kepetusan Ketua Mahkamah Agung No.1-444/KMA/SK/I/2011 tentang pedoman pelayanan informasi di pengadilan dan Surat Ketua Mahkamah Agung No.194A/KMA/SK/XI/2014 tentang pembentukan tim pembangunan zona integritas MA RI.

Masih kata Asrori bahwa sebagai tindaklanjut dari Zona Integritas Pengadilan Agama, maka dilaksanakan pembangunan zona integritas yang ditandai dengan rencana aksi enam area yakni, Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan sistem manajemen, SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan.

“Setelah deklarasi dan dilakukan pencanangan maka, PA Tanggamus berkomitment untuk mendukung penuh zona bebas korupsi, gratifikasi dan segala macam KKN. Saya juga sudah tekankan kepada seluruh pegawai agar dalam memberikan pelayanan harus ramah begitu juga tempatnya harus nyaman, sehingga PA Tanggamus ini dapat mempertahankan Sertifikat akreditasi penjaminan mutu badan peradilan dengan nilai A Exellent yang diraih tahun 2017 lalu, ” pungkas Asrori. (ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here