Banjir Melanda Tiga Kecamatan di Wilayah Barat Tanggamus

488

KOTAAGUNG – Banjir melanda tiga Kecamatan di wilayah barat Kabupaten Tanggamus, Senin (4/2) Malam.

Tiga Kecamatan yang terendam banjir adalah Kecamatan Bandar Negeri Semuong, Semaka dan Wonosobo. Ketinggian banjir di tiga kecamatan itu berkisar 30 centimeter hingga 1 meter.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Radar Tanggamus, pekon yang terdampak banjir di tiga Kecamatan tersebut yakni Pekon Karangrejo, Pekon Garut dan Sidodadi Kecamatan Semaka ; Pekon Karangnyar Kecamatan Wonosobo; Pekon Banding, Pekon Rajabasa dan Pekon Gunungdoh Kecamatan Bandar Negeri Semuong.

Banjir yang merendam tiga pekon di Kecamatan Semaka dan satu pekon di Kecamatan Wonosobo disebabkan meluapnya sungai Way Semaka. Sedangkan banjir yang merendam tiga pekon di Kecamatan Bandar Negeri Semuong disebabkan jebolnya tanggul di sungai Way Semuong.

Kepala Pekon Banding Abu Sofyan mengatakan, hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tanggamus sejak Senin Sore sekitar Pukul 16.00 Wib hingga Senin Malam sekitat Pukul 23.00 Wib mengakibatkan debit air sungai Way Semuong meningkat. Derasnya arus sungai tidak mampu dibendung tanggul sungai yang sudah tipis lantaran belum ada bronjong sehingga mengakibatkan tanggul jebol.

“Tanggulnya jebol sekitar 50 meter. Air masuk ke pemukiman warga Pekon Banding dan Rajabasa. Ada sekitar 200 rumah yang kerendam dengan ketinggian berkisar 30 – 100 centimeter, ” katanya.

Kepala Pekon Gunungdoh, Ruslin menambahkan, banjir yang melanda pemukiman warga setempat terjadi akibat luapan air sungai Way Semuong serta tidak adanya tanggul penahan banjir di sisi sungai.” Nggak ada tanggulnya, jadi air meluap ke pemukiman kami, ” ujarnya.

Camat Semaka Suyanto mengatakan, ketinggian banjir yang melanda tiga pekon di Kecamatan Semaka itu bervariasi. Terparah di Pekon Karangrejo, dengan ketinggian air mencapai 80 centimeter. “Lagi cek lapangan mas, lagi didata, jadi belum tahu pasti berapa jumlah rumah dan sawah yang terdampak banjir. Tapi kalau rumah sepertinya ada ratusan,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Wonosobo mengatakan, hingga siang ini banjir masih merendam wilayah Pekon Karanganyar.”Belum tahu ada berapa rumah serta sawah yang kerendam. Karena saat ini masih di data oleh Kasi Trantib, ” ungkapnya, saat dihubungi Radar Tanggamus via pesan Whatsapp. (uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here