Bupati Tanggamus Buka OSN SMA Tingkat Kabupaten

139

TALANGPADANG-Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani memberikan apresiasinya atas gelaran Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten Tanggamus yang diselenggarakan di SMAN 1 Talangpadang, Rabu (27/2).

Menurut bupati, sebagai bagian masyarakat Tanggamus dirinya sangat bangga dengan siswa bertalenta yang berkompetisi. Kemudian diharapkan anak anak bisa berkompetisi ke tingkat lebih tinggi lagi, tidak hanya kabupaten, provinsi namun juga tingkat nasional.

“Bunda berharap, ajang ini, jangan hanya menjadi ajang kompetisi saja, yang ada hanya menang kalah. Akan tetapi menjadi ajang motivasi dan wadah menggali potensi diri serta saling berbagi ilmu, ” ujar Bunda Dewi sapaan akrab Bupati Tanggamus.

Bunda Dewi menjelaskan , dalam menggali potensi diri anak, seluruh elemen masyarakat harus saling bersinergi. Dan untuk menggalang sinergintas inilah yang harus ditingkatkan lagi.

“Sebagai seorang bupati, tidak bisa semua itu dilakukan sendiri, harus ada dukungan masyarakat. Untuk menciptakan sumberdaya masyarakat dengan akhlakul kharimah, berkarakter dan berdaya saing tinggi tersebut, ” terang bupati.

Orang nomor satu di Bumi Begawi Jejama itu menambahkan, kegiatan OSN merupakan ajang berkompetisi dalam berprestasi, sekaligus menjadi evaluasi dan tolok ukur kemampuan anak didik, untuk lebih baik lagi kedepan.

“Saya ingin ada pemerataan, jangan hanya anak kita yang ikut OSN saja, yang baik dan berprestasi yang lain juga harus mempunyai talenta dibidangnya masing masing. Terakhir saya titip Kabupaten Tanggamus, kepada anak yang menjadi juara saat berlaga ditingkat provinsi, harumkan nama Tanggamus dengan sikap dan jiwa sportivitas,”pesan bupati.

Sementara, Kepala SMA 1 Talang Padang Sudirman dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan OSN bertujuan mendapatkan dan mengembangkan siswa bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional. Sehingga mampu berkontribusi sebagai pionir pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mewujudkan bangsa yang unggul.

Kemudian mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan siswa bertalenta dan berkarakter serta menciptakan atmosfer berkompetisi dan betprestasi yang sehat. Serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan.

“Total peserta ada 433 siswa dari 22 SMA Negeri dan Swasta se-Tanggamus, yang mana bidang studi yang dipertandingkan yakni bidang kimia 51 peserta, biologi 57 peserta, fisika 46 peserta, matematika 57 peserta, ekonomi 49 peserta, kebumian 41 peserta, astronomi 36 peserta, geografi 50 peserta dan TIK 46 peserta, ” katanya.

Pembukaan OSN tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh bupati Tanggamus yang sebelumnya disela- sela acara bupati juga meresmikan desain batik kreatifitas siswa-siswi Talangpadang.

Tampak hadir dalam kegiatan Kadisdik Provinsi Lampung yang diwakili ole Rosmawarti, Asisten Bidang Pemerintahan Tanggamus Firman Ranie, Kacabjari Tangganus ,Kapolsek Talang Padang, serta para kepala SMA Negeri dan swasta se-Tanggamus.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here