BOS Diperkirakan Cair Maret

1762
Foto Ilustrasi Net

PRINGSEWU – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah pusat pada triwulan pertama Januari hingga Maret 2019 untuk SD dan SMP se-Kabupaten Pringsewu diperkiran akan cair pada Maret mendatang.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu Rustiyan, M.Pd menuturkan, meskipun belum mendapatkan informasi dari pihak provinsi, diprediksi dana BOS triwulan pertama cair pada Maret 2019 merujuk pada tahun lalu.

“Biasanya tahapannya masing-masing sekolah menyusun rencana kegiatan anggaran sekolah (RKAS) dan mengumpulkannya, kemudian dilakukan pendataan jumlah siswanya sesuai atau tidak dengan RKAS. Jadi perkiraan cair biasanya Maret, menjelang ujian,” katanya kepada Radar Tanggamus, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (26/2).

Tahun ini, dana BOS yang akan diterima oleh SD dan SMP se-Kabupaten Pringsewu sebesar Rp44.112.200.000 untuk 270 SD dan 55 SMP. Kemudian, dia mengingatkan pihak sekolah agar setelah menerima dana BOS untuk tertib dalam membuat laporan, sehingga kedepannya proses pencairan dana bos tidak terlambat dan menghambat kegiatan operasional sekolah.

“Walaupun dana BOS tidak mampir di kami (Disdikbud`red),  namun masing masing sekolah penerima dana BOS tersebut,  tetap diwajibkan untuk memberikan laporan atas penggunaan dana BOS ke Disdikbud Kabupaten Pringsewu,” ujar Rustiyan.

Selain itu, Rustiyan mengimbau, agar masing-masing sekolah menggunakan dana BOS sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (Juklak Juknis) yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

“Dana BOS harus digunakan tepat sasaran. Artinya pihak sekolah tidak diperbolehkan menggunkan dana BOS diluar keperluan yang sudah ditetapkan dalam rencana pembiayaan sekolah,” pungkas dia. (dms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here