Lapas Kotaagung Panen Raya Sayuran

275

KOTAAGUNG–Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kotaagung kembali panen sayuran yang dipusatkan di perkebunan dalam lapas area Branggang (area tembok kedua Lapas), Kamis (21/2).

Panen kali ini giliran para petugas lapas yang turun langsung memanen diantaranya Kalapas Sohibur Rachman, Kasi Binadik Ferdika Candra, Kasubsi Pelaporan Tata Tertib Susilo dan sejumlah pejabat dijajaran lapas.

Menurut Kalapas Kotaagung Sohibur Rachman, sayuran yang ditanam dan sudah memasuki masa panen adalah kangkung, terong, sawi, jagung, cabai dan ketela. Namun dari semua jenis sayuran tersebut, kangkung paling banyak hasilnya.

“Lahan Branggang ini seluas 1 ha, sehingga kami berinisiatif untuk memaksimalkan lahan yang luas ini untuk dijadikan lahan kebun sayur dan alhamdulillah ini panen ke dua dan yang terbesar, “katanya.

Kedepan, lanjut Sohibur pihaknya sudah memohon kepada Pemkab Tanggamus untuk bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan untuk melaksanakan pembibitan Serai Merah.

” Hal ini karena Tanggamus memiliki tanah yang subur di bidang pertanian, contohnya kita bisa lihat sekarang ini sangat banyak hasil yang kita dapat,”ujar Sohibur.

Dilanjutkannya bahwa Lapas Kotaagung terus berupaya untuk memberikan pelayanan pelayanan yang mengutamakan Hak Asasi Manusia. Adapun hasil panen dibagikan untuk WBP itu sendiri dan petugas.

“Apa yang mereka kerjakan merupakan bentuk pembinaan, sehingga mereka dapat memberikan kontribusinya setelah bebas untuk masyarakat khususnya daerah Tanggamus, “pungkas Sohibur.

Sementara, Kasubsi Pelaporan Tata Tertib, Susilo yang ikut memanen mengaku sangat antusias ikut dalam kegiatan memanen. “Semua petugas sangat bersemangat melihat hasil panen.
Kalau kita lihat dari hasil panennya bisa untuk 2 atau 3 hari kedepan, ini bisa jadi kebutuhan konsumsi warga binaan dan petugas lapas,” kata Susilo. (ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here