Sosialisasi DBD Hingga Fogging Di Lapas Kotaagung

987

KOTAAGUNG–Petugas kesehatan dari UPT Puskesmas Negarabatin Kecamatan Kotaagung Barat melakukan sosialisasi mengenai demam berdarah dengue (DBD) dan melakukan Fogging di kompleks Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kotaagung, Sabtu (2/2) hal tersebut berdasarkan undangan dari pihak Lapas Kotaagung.

Kegiatan tersebut dihadiri Kasubag TU Puskesmas Negarabatin, Martin Fatmawati, Staf Kesling Sutrisno dan dibuka oleh Kasubsie Perawatan Lapas Kotaagung Yusuf mewakili Kalapas Sohibur Rachman.


Dalam arahannya kepada warga binaan pemasyaratan (WBP), Yusuf meminta agar WBP mengikuti kegiatan tersebut secara serius. ” Ikuti kegiatan sosialisasi ini dengan serius, karena kalian yang mengikuti kegiatan ini adalah orang terpilih yang dianggap mampu untuk memahami, menyaring apa yang pihak Puskesmas sampaikan dan nantinya dapat kalian share atau bagikan kepada warga binaan lainnya didalam,” ujarnya.

Sementara, Martin Fatmawati dalam arahannya memberikan pemahaman tentang DBD, ciri-ciri nya, serta cara-cara pencegahannya, serta pelaksanaan langsung untuk mau dan mampu memelihara kebersihan dilingkungan Lapas Kotaagung.

“Sosialisasi ini bertujuan agar para warga binaan dapat menjaga kesehatan dan mau berbagi kebersihan sehingga tercipta suasana yang sehat dilingkungan Lapas Kotaagung,”kata dia.

Selain itu, lanjut Fatmawati, dalam hal DBD diharapkan juga kepada WBP bisa mengendalikan DBD. “Fogging juga diharapkan mengurangi perkembangan nyamuk dewasa yang ada di Lapas Kotaagung,” pungkasnya.

Ditambahkan Sutrisno, petugas Kesling UPT Puskesmas Negarabatin bahwa saat ini sedang memasuki musim pancaroba dimana rentan akan penyebaran penyakit, utamanya DBD, sehingga perlu adanya antisipasi perubahan tersebut.

“Dari kami juga akan melakukan sosialisasi ditempat lainnya selain di Lapas. Selain sosialisasi kita juga akan melaksanakan Fogging disekitar Lapas yang dianggap dapat menimbulkan jentik-jentik nyamuk, “kata dia. (ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here