Unik, Pemilihan Ketua RT 09 Kelurahan Kuripan Bak Pilkada

808

KOTAAGUNG – Ada yang unik dalam pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) 09 di Kelurahan Kuripan, Kecamatan Kotaagung, kemarin (20/1).

Pemilihan Ketua RT di lingkungan setempat dilakukan secara demokratis. Bak sebuah pesta demokrasi Pemilu, ada bilik suara, saksi, kertas pencoblosan dan tentunya panitia pemungutan suara.

Pemilihan secara demokratis itu disambut antusias oleh warga. Warga yang memenuhi syarat untuk mencoblos tampak berduyun-duyun menuju TPS untuk menyalurkan hak pilihnya.

Ketua Panitia Pemilihan Ketua RT Irhamidi mengatakan, pemilihan ketua RT secara langsung ini baru pertama kali dilakukan di RT 09 Kebun Kelapa. Adapun tujuan digelarnya pemilihan secara demokratis ini yakni sebagai langkah untuk pembelajaran berdemokrasi bagi warga.

“Pemilihan Ketua RT disini sangat unik, karena baru pertama kali dilakukan secara demokratis, sebagai pembelajaran warga dalam menyalurkan aspirasi sesuai hati nuraninya,” katanya.

Sebelumnya, pemilihan Ketua RT di wilayah setempat juga dilakukan dengan cara dipilih, namun lokasinya berbeda yakni dilakukan di masjid. Untuk itu, pihak panitia melakukan inovasi, mengubah pemilihan Ketua RT secara demokratis bak pemilukada.

“Meskipun hanya memilih pemerintahan terendah tingkat RT, tetapi juga sangat menentukan kemajuan dan kesejahteraan masyarakatnya. Karena Ketua RT ini dipilih langsung oleh masyarakat, ” ujar Irham – sapaan akrabnya-.

Irham berharap, dengan adanya pemilihan RT secara demokratis ini bisa menjaga rasa persatuan, gotong royong di tengah masyarakat.

“Mudah-mudahan pemilu di Kebun Kelapa ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain. Karena pemilu seperti ini tentunya dapat menarik animo msayarakat untuk memilih dan tidak golput, apa lagi ini adalah tahun politik dimana kita akan melaksanakan pilpres dan pileg,” ungkapnya.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat diwilayah setempat Hodari mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh panitia pemilihan Ketua RT. Menurutnya, pemilihan secara demokratis seperti ini harus tetap dilakukan kedepannya.

“Ya, selain unik, ide yang digagas Ketua Panitia Irhamidi juga sangat bagus, karena saat ini pemilihan tidak dilakukan lagi dimasjid, tapi di TPS, seperti pemilukada, ” ungkapnya.

Diketahui, dalam pemilihan tersebut diikuti oleh empat calon ketua RT yakni Ahmad Drajat, Rahmat Hidayat, Badriansyah dan Hermansyah.

Berdasarkan hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh panitia, Ahmad Drajat terpilih sebagai Ketua RT 09 Kebun Kelapa setelah berhasil memperoleh 115 suara. Disusul Rahmat Hidayat yang memperoleh 94 suara. Sementara Badriansyah memperoleh 73 suara dan Hermansyah 29 suara.

Lurah Kuripan Hendarman Wahid berharap kepada Ketua RT terpilih agar dapat bersinergi dan menjalankan program yang ada di Kabupaten, Kecamatan maupun Kelurahan.

“Kami berharap kepada Ketua RT terpilih dapat menjalankan amanat dari pemerintah daerah. Karena RT merupakan ujung tombak pemerintah, khususnya pekon/kelurahan yang bersentuhan secara langsung dengan masyarakat. Dan kami juga berharap, sebagai ujung tombak, Ketua RT dapat menyambung aspirasi, baik kelurahan maupun masyarakat, ” pungkasnya. (uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here