BKPSDM Optimis Sebelum 22 Januari Berkas Pelamar Kelar

184

KOTAAGUNG—Peserta CPNSD 2018 Kabupaten Tanggamus yang dinyatakan lolos seleksi terus berdatangan ke Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten setempat untuk melengkapi berkas.

Menurut Kepala Bidang Formasi dan Mutasi, Gofir Purwanto mewakili Kepala BKPSDM Tanggamus Nur Indrati, hingga Rabu (16/1) sore pukul 15.00 WIB tercatat sudah ada 175 berkas yang masuk dari total formasi terisi 250 orang.

“Penyerahan berkas hampir setiap hari ada karena waktu yang tersedia juga hanya sampai 22 Januari 2019. Rata-rata perhari kita terima berkas 20-50 berkas, “kata Gofir, Rabu (16/1).

Ia mengaku sampai jumlah 175 berkas tersebut semuanya asli dan benar. Hanya saja memang ada yang belum lengkap khususnya surat keterangan kesehatan jiwa dari rumah sakit jiwa atau sarana kesehatan yang miliki fasilitas pemeriksaan kejiwaan.

“Berkas lainnya dari peserta sebenarnya banyak yang komplit, tapi rata-rata mereka menunggu surat keterangan kesehatan jiwa. Jadi pertimbangan mereka lebih baik komplit semua baru diserahkan ke sini,” ucap Gofir.

Dilanjutkan Gofir untuk kelengkapan surat keterangan kesehatan jiwa berlaku fleksibel. Artinya bisa saja peserta serahkan berkas yang sudah ada dulu kemudian baru surat keterangan kesehatan jiwa disusul berikutnya.

“Untuk surat keterangan sehat jiwa itu bisa menyusul, tapi kalau SKCK, Ijazah, surat keterangan bebas narkoba, KTP, riwayat hidup dan surat lamaran itu harus lengkap, kalau belum lengkap kami suruh lengkapi dulu baru diserahkan, “ujarnya.

Menurut Gofir untuk surat keterangan kesehatan jiwa untuk di Lampung hanya bisa didapat dari RSJ Kurungan Nyawa, Pesawaran. Dan kini kondisinya seluruh peserta CPNS yang lolos dari Lampung memintanya ke sana. Maka wajar di sana juga ada antrean penerbitan surat keterangan.

“Berdasarkan keterangan dari peserta, untuk membuat surat kesehatan jiwa bisa sampai lima hari, dari mulai mendaftar sampai keluarnya surat tersebut. Jadi solusinya, peserta boleh serahkan berkas lainnya dulu sambil menunggu surat keterangan sehat jiwa jadi, “kata dia.

Ia mengaku penyerahan berkas lamaran yang selama ini bentuknya file akan ditunggu sampai 22 Januari 2019 atau kurang lebih sepekan lagi. Penyerahan berkas pada jam kerja dan hari kerja. Kemudian peserta juga wajib berpakaian atasan putih, dan bawahan hitam, serta bersepatu.

“Kalau melihat penerima berkas fisik, kami prediksi, sebelum 22 Januari, berkas sudah semua diserahkan. Selanjutnya berkas tersebut kami serahkan Ke Kanreg V BKN di Jakarta untuk proses penerbitan NIP, “sebut Gofir.

Salah satu peserta CPNS yang lolos, Eva Rosdiana mengaku belum menerima surat keterangan sehat jiwa dari RSJ Kurungan Nyawa, Pesawaran kendati sudah mengurusnya sejak Sabtu lalu.” Antre mas, banyak yang urus surat keterangan kesehatan jiwa, saya mulai ngurusnya Sabtu lalu, dan sabtu ini diambilnya, jadi Senin ke BKPSDM lagi, “ujar Eva yang lolos seleksi Formasi Guru SD itu. (ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here