Lima Kelompok Pedagang Kuliner Muara Indah Terima Bantuan

87
SEMOGA BERMANFAAT :Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafii didampingi Dirjen Penguatan daya saing produk Kelautan Dan perikanan Direktorat Pemasaran, serta Kepala Dinas Perikanan Edi Narimo saat menyerahkan bantuan peralatan bagi pedagang sentra kuliner di Lokasi Wisata Muara Indah, Jumat (21/12). Foto Hanibal Batman

KOTAAGUNG—Pedagang kuliner di Taman Wisata Muara Indah, Kelurahan Baros, Kecamatan Kotaagung diimbau untuk menjaga suasana aman, nyaman, serta bersih di lokasi tempat berjualan. Ini bertujuan untuk memancing minat pelanggan agar terus datang ketempat tersebut.

Hal itu disampaikan, Wakil Bupati Tanggamus, Hi. AM. Syafii saat menerima bantuan peralatan bagi para pedagang wisata kuliner di lokasi Wisata Muara Indah dari Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Prikanan, Direktorat Pemasaran. Wabup menyampaikan maju atau tidaknya wisata kuliner ditentukan apakah tempat yang akan dikunjungi oleh pembeli tersebut aman, nyaman, serta terjaga kebersihannya, sehingga pembeli akan terus datang ketempat tersebut.

“Kalau pemda punya yang namanya slogan RATU, didalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Maka kelompok pedagang disini harus mempunyai keunggulan sehingga, pada saat orang datang kesini, akan kembali lagi,”kata Syafii.

Sementara itu, Dari Kementrian Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Direktorat Pemasaran, Kementerian Kelautan dan Perikanan,Muawannah menyampaikan, penyerahan peralatan bagi para pedagang kuliner di Muara Indah ini adalah dalam rangka optimalisasi sentra kuliner. Yang mana dilengkapi oleh Kementrian melalui Dirjen terkait dengan disediakannya peralatan.

” Ini bagian dari support kami dari kementrian. Dan diharapkan apa yang telah kita berikan ini dapat dijaga bersama, mendukung peningkatan ekonomi, dan sentra kuliner terutama sentra kuliner ini sudah berada ditempat yang tepat, karena ada didaerah wisata,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Tanggamus,Edi Narimo mengatakan, bantuan peralatan bagi para pedagang tersebut merupakan usulan dari Pemkab Tanggamus melalui Dinas Perikanan terkait dengan pemanfaatan sentra kuliner, yang mana saat ini ada lima kelompok pengelola dan pemasaran ikan yang eksis dibawah binaan Dinas Perikanan dan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dari kementrian untuk memanfatkan wisata kuliner perikanan. 

“Untuk tahun pertama pengelola sentra kuliner saat ini masih uji coba, sehingga kami belum mengambil sewa. Tetapi di tahun 2019 nanti ada kontribusi untuk PAD , yang mana satu tahun untuk satu outlet Rp 1 juta dibayar langsung ke kas daerah, dan dalam perkembangannya kita mengajukan proposal permohonan untuk memperoleh bantuan peralatan,”ujar Edi. 

Peralatan yang diberikan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan kepada pedagang sentra kuliner wisata muara indah, yang diterima, oleh Wabup tersebut berupa kompor gas, magicom, kulkas, dispenser, blender ,rak piring ,sendok, garpu, gelas ,mangkuk, kipas angin, tempat sampah ,serta peralatan pendukung sentra kuliner lainnya. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here