Bupati Dukung Pengembangan Wisata Puncak Batu Kapal

262
BERSWAFOTO :Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani berswafoto dengan pengelola wisata Puncak Batu Kapal usai peresmian tempat wisata tersebut di Pekon Wayharong Kecamatan Airnaningan, Kamis (20/12) lalu.( Foto Hanibal Batman)

AIRNANINGAN—Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani meyakini Wisata Puncak Batu Kapal di Dusun Batu Kapal, Pekon Way Harong, Kecamatan Airnaningan bisa menjadi Pariwisata unggulan di kabupaten berjuluk Bumi Begawi Jejama.

Hal itu diungkapkan bupati saat meresmikan Wisata Puncak Batu Kapal Kamis (20/12) lalu. Menurut Dewi, wisata Puncak Batu Kapal harus dikembangkan lagi sehingga menjadi destinasi wisata yang unggul di Kabupaten Tanggamus dan juga Provinsi Lampung.

“Pemkab Tanggamus dalam hal ini terus mendukung pengembangan objek wisata, salah satunya objek wisata puncak batu kapal ini dan Pemkab Tanggamus tentunya tidak akan tinggal diam, tahun depan akan kita anggarkan Rp 7,9 miliar untuk pengembangan objek wisata diseluruh Kabupaten Tanggamus.”kata bupati.

Berkaitan dengan wisata Puncak Batu Kapal lanjutnya, akses yang akan menuju wisata batu kapal akan diperbaiki. Tentunya disisi lain ia juga mengajak kepada pengelola objek wisata untuk terus meningkatkan kreatifitas dalam upaya meningkatkan minat wisatawan yang datang ketempat tersebut, tentunya tanpa mengkesampingkan keindahan, kebersihan, kesejukan dan keamanan sehingga pengunjung yang datang akan merasa berkesan.

“Saya juga menginginkan kepada pengelola dan Dinas Pariwisata untuk membuat suatu gagasan dan terobosan di wisata batu kapal ini, yang tidak dijumpai ditempat lain, sehingga pengunjung yang datang berkesan dan kembali lagi untuk datang ke wisata puncak batu kapal ini,”ujar bupati.

Bupati dalam kesempatan tersebut memberikan bantuan Rp10 juta untuk mendukung perkembangan wisata Puncak Batu kapal, Airnaningan.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Retno Noviana Damayanti ,sangat merespon baik inisiatif yang tumbuh dari masyarakat serta Pokdarwis Pekon Way Harong, untuk mengembangkan wisata puncak batu kapal, yang mana menurutnya telah ada berbagai spot wisata yang dibangun melalui swadaya masyarakat serta sumbangan dari para perantau. 

“Kami dari Dispar kedepan, akan melakukan upaya-upaya bagaimana pembinaan terhadap kelompok sadar wisatanya, baik itu bimtek, kesadaran tentang sapta pesona, sehingga objek wisata ini dapat maju dan berkembang, dan bantuan baik itu dari kabupaten dan provinsi akan kita arahakan ke wisata batu kapal ini,”terangnya. 

Sementara itu, Camat Airnaningan Thalut menerangkan, objek wisata puncak batu kapal ini akan diintegrasikan dengan wisata batu tegi yang mana pengunjung dimanjakan dengan panorama alam dan hutan yang masih asri, sedangkan di batu tegi panorama wisata alam juga tak kalah menarik yakni hamparan danau, selain itu objek-objek wisata lainnya juga lanjutnya masih banyak ditemui di kecamatan Airnaningan.

“Untuk luasan lahan wisata Puncak Batu Kapal ini 1 Hektar dan telah dihibahkan. Yang saat ini dibuka baru sebagian saja, dan biasa dikembangkan lagi, dimana disini juga ada sungai yang juga bisa jadi objek wisata, dan perlu saya ingatkan wisata ini tidak bisa dikelola sendiri harus melalui Bumdes tetapi dalam tekhnisnya silahkan Pokdrawis yang mengelola,”jelasnya. 

Usai meresmikan wisata puncak batu kapal, Bupati lalu melanjutkan meninjau spot wisata batu kapal, dalam kesempatan tersebut juga bupati berbincang langsung dengan para pengunjung yang datang ke wisata, tidak mau meninggalkan momen tersebut para pengunjung juga menyempatkan diri berswa foto dengan orang nomor satu di jajaran Pemkab Tanggamus tersebut. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here