Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Karanganyar Swadaya Timbun Jalan

189

WONOSOBO – Prihatin dengan kondisi Jalan Makam di Pekon Karanganyar, Kecamatan Wonosobo, membuat warga di pekon setempat berinsiatif untuk melakukan upaya perbaikan secara swadaya tanpa menunggu perbaikan jalan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus.

Perbaikan ruas Jalan Makam itu dilakukan secara gotong-royong oleh warga setempat, dipimpin Kepala Pekon Karanganyar Bambang Irawan, dengan menutup jalan yang berlubang menggunakan material krokos.

Kepala Pekon Karanganyar Bambang Irawan mengaku, tidak ada maksud apa-apa terkait penimbunan badan jalan yang dilakukan secara swadaya tersebut. Melainkan sebagai bentuk kepedulian warga terhadap para pengguna jalan yang selama ini merasa terganggu dengan kondisi jalan tersebut.

“Warga disini prihatin karena kondisi jalan semakin parah, makanya mereka berinsiatif untuk melakukan upaya perbaikan jalan,” katanya.

Menurutnya, kerusakan jalan Makam Karanganyar sepanjang 400 meter itu memang sudah terjadi sejak lama. Pihaknya juga sudah sering mengusulkan perbaikan jalan tersebut kepada Pemkab Tanggamus, namun hingga kini belum direalisasikan. “Sudah sering kita ajukan, tapi belum direalisasikan, ” ujarnya.

Ia menjelaskan, Jalan Makam ini merupakan jalan lintas yang menghubungkan Pekon Karanganyar dengan Pekon Karangrejo. Akses jalan ini juga cukup vital, karena merupakan urat nadi perekonomian warga.

Selain digunakan petani untuk mengeluarkan hasil bumi, jalan ini juga sehari-harinya dilalui ileh anak sekolah dasar yang hendak menuju SDN Karanganyar. Dengan kondisi jalan yang seperti ini membuat warga setempat prihatin, karena setiap kali diguyur hujan kondisi jalan yang becek acap kali menyebabkan pakaian siswa jadi kotor.

“Mudah-mudahan setelah diperbaikinya jalan ini akses warga bisa lebih lancar. Dan kami juga tentunya berharap agar pemerintah daerah setempat dapat mengupayakan pengaspalan jalan, karena perbaikan jalan ini hanya bersidat sementara, ” pungkasnya. (uji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here