Listrik Padam, Tes SKB Molor Hingga 1 Jam

291
Foto Ilustrasi Net

KOTAAGUNG—Pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk formasi di Kabupaten Tanggamus kembali menemui sedikit kendala, setelah sebelumnya kendala terjadi saat seleksi kemampuan dasar (SKD) di SMA Yadika, Pringsewu yakni server yang bermasalah, kini giliran seleksi kemampuan bidang (SKB) yang sempat tertunda lantaran listrik padam.

Menurut Kepala Bidang Formasi dan Mutasi, Haru Abimanyu,listrik padam terjadi saat jelang sesi 3 selama satu jam. Akibatnya jadwal pun mundur menunggu listrik menyala lagi.

“Tadi hujan deras terus listrik padam, akhirnya pelaksanaan tes mundur satu jam dari jadwal semula. Akibat sesi 3 mundur terpaksa sesi 4 juga mundur,” kata Haru, mewakili kepala Badan Kepegawaian Pengembangan SDM, Nur Indrati, Senin (10/12).

Ia mengaku di lokasi tes untuk Tanggamus dan Lampung Timur yakni Hall C PKOR Way Halim, Bandar Lampung tidak disedikan genset. Maka listrik hanya bergantung dari PLN. Hal itu juga yang memundurkan jadwal tes.

Tes menerapkan computer assisted test (CAT) yang sangat bergantung pada listrik, sebab soal dan jawaban soal diberikan menggunakan komputer. Itu terhubung dengan komputer server di BKN.

“Panitia di SKB ini dari Panselnas, kami juga di sini hanya tinggal masuk saja, jadi tidak tahu masalah kesiapan genset dan lainnya. Sedangkan kalau untuk jaringan internet lancar,” ujar Haru.

Ia menegaskan pelaksanaan SKB untuk Tanggamus secara umum lancar, bisa terselenggara tiga sesi berdasarkan kuota jumlah peserta. Kendala hanya pada listrik saja yang padam, sedangkan persoalan lain tidak ada.

Untuk kehadiran peserta, Haru mengaku ada enam yang tidak hadir dari kuota 526 peserta. Rinciannya tiga dari tenaga kesehatan, terdiri dokter dan perawat. Lalu tenaga pendidikan tiga guru. Maka peserta yang hadir tes SKB sebanyak 520 peserta.

Meski ada enam peserta yang tidak hadir namun untuk seluruh formasi tetap ada peserta yang ikut tes SKB. Pastinya ketidakhadiran peserta akan mengurangi saingan para peserta yang ada pada formasi pilihannya.

Dan pelaksanaan SKB untuk Tanggamus hanya berlangsung sehari saja. Maka dengan selesainya sesi ke-4 pelaksana tes, sudah berakhir tahapan tes CPNS. Selanjutnya tinggal menunggu hasil dari SKB.

Kemudian, terkait kapan hasil SKB, BKPSDM Tanggamus tidak tahu pasti sebab itu kewenangan BKN, dan dari tahapan yang sudah dilewati semua itu diberitahukan secara mendadak tanpa ada jadwal terencana.(ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here