Tertutup Longsor, Warga yang Hendak ke Cukuh Balak Harus “Muter” Lewat Pesawaran

265

CUKUHBALAK – Hingga hari ketiga pasca musibah longsor, akses jalan menuju Kecamatan Cukuh Balak masih tertutup longsor. Pasalnya, tiga alat berat yang sebelumnya diterjunkan untuk membersihkan material longsor mengalami kerusakan.

Camat Cukuhbalak Rusdi mengaku, dengan masih tertutupnya jalan lintas kecamatan dari jalur pesisir, maka harapan akses hanya lewat jalan lintas pekon yang bisa menembus ke Pekon Lengkukai, Kecamatan Kelumbayan Barat.

Jika dari Kota Agung akan lewat jalur ini maka rutenya ke Pringsewu, Pardasuka, lalu Kec. Kedondong, Pesawaran, terus Way Rantai, Jatiwaringin, barulah masuk ke Pekon Lengkukai, Kec. Kelumbayan Barat.

Rute tersebut karena jalan lintas kecamatan ruas Kecamatan Limau belum terbuka sepenuhnya. Di Limau ada empat longsoran besar dan baru beres tiga. Pembukaan jalur ini menggunakan alat berat dari BPBD Tanggamus.

Menurut Kapolsek Limau AKP Ichwan Hadi, jalan lintas kecamatan di Limau menuju Cukuh Balak memang belum terbuka. Hal itu karena penanganan longsoran di Pekon Tanjung Jaya, Kecamatan Limau belum sepenuhnya rampung. “Untuk kendaraan roda dua sudah bisa melintas, tapi untuk mobil belum bisa. Saat ini kondisi jalan juga masih licin karena material lumpur, maka harus sangat hati-hati,” kata Ichwan.

Di Limau sendiri jalan lintas yang tertutup longsor dan sudah ditangani yaitu di ruas perbatasan Pekon Ketapang-Pekon Padang Ratu, lalu Dusun Cukuh Pandan, Pekon Padang Ratu-Pekon Tegineneng, dan tanjakan Lebahk.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here