Rp480 juta Digelontorkan untuk Pembudidaya Ikan Air Tawar

872
Wakil Bupati Pringsewu Hi.Fauzi secara simbolis menyerahkan bantuan hibah sarana produksi ikan air tawar.

PRINGSEWU – Wakil Bupati Pringsewu Hi. Fauzi memberikan bantuan hibah sarana produksi perikanan air tawar kepada 11 kelompok budi daya ikan air tawar.

Kesempatan itu Wabup Fauzi mengapresiasi pihak Dinas Perikanan Pringsewu yang telah berinovasi melakukan karyanya melalui berbagai bantuan hibah dan kegiatan lainnya.

“Semoga bantun sarana produksi itu dapat lebih meningkatkan produksi ikan di Pringsewu dan meningkatnya mengkonsumsi ikan air tawar. Serta meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya makan ikan agar lebih sehat, kuat dan cerdas. Ayo, kita makan ikan,” ajak Wabup Fauzi.

Sementara itu kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pringsewu M. Yusuf, semua bantuan sarana produksi diberikan kepada tujuh  kelompok budi daya ikan patin dan dua kelompok mina padi (masing-masing kelompok total nilai Rp50 juta).

Serta bantuan paket induk ikan lele dan paket induk ikan patin.”Total dana dana keseluruhan sebesar Rp480 juta. Serta pemberian kartu asuransi nelayan sebanyak 250 buah dari Jasindo,” jelasnya.

Bantuan sarana produksi itu merupakan program dari Dinas Perikanan Kabupaten Pringsewu diberikan pada Kamis (29/11), di Pekon Tanjunganom, Kecamatan Ambarawa, sekaligus dalam rangkaian peringatan Hari Nusantara dan Hari Ikan Nasional tingkat Kabupaten Pringsewu tahun 2018.

M.Yusuf memaparkan, sebenarnya bantuan sarana produksi itu sudah diberikan kepada kelompok budi daya air tawar sejak sebulan lalu.”Jadi hari ini hanya simbolis dan seremoninya saja,” jelasnya.

Menurutnya, bantuan sarana produksi itu meliputi pakan, benih ikan patin dan ikan nila, obat-obatan dan pengolahan lahan.”Mereka yang mendapat bantuan hanya berupa sarana produksi saja dan induk ikan Patin dan Nila,”terang M.Yusuf.

Kadis Perikanan menambahkan, pada acara seremoni itu juga berlangsung lomba mengolah menu makanan menggunakan ikan patin yang dikelola¬† PKK, lomba lagu ayo makan ikan.”Juga hiburan mancing gratis, kami menebar 2 kwintal ikan lele,” tandasnya. (Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here