Lagi, Banjir Terjang Kelumbayan dan Kelumbayan Barat, Lima Pekon Terendam, Akses Jalan Putus

1335
Akses Jalan Penghuhung antar pekon, tepatnya di Pekon Sidoharjo Kecamatan Kelumbayan Barat putus, lantaran gorong-gorong amblas

KOTAAGUNG-Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Tanggamus pada Kamis malam (29/11) menyebabkan banjir dan juga longsor, terparah di wilayah Kecamatan Kelumbayan Barat dan lima pekon di Kecamatan Kelumbayan terendam banjir.

Berdasarkan data yang didapat dari Polsek Limau, di Kecamatan Kelumbayan Barat tepatnya di Pekon Sidoharjo menyebabkan jalan raya Dusun Suka Jaya putus diakibatkan gorong-gorong yang rusak dan ambles terbawa arus banjir.

Kemudian di Pekon Lengkukai Kecamatan Kelumbayan Barat juga terjadi tanah longsor mengakibatkan satu tiang listrik roboh di Dusun Wonosari dan di Robok terdapat 3 rumah terendam air serta 1 rumah papan tertimpa longsor kemudian di Dusun Rejosari terjadi longsor di samping mushola setempat.

Selanjutnya banjir bandang dengan rincian di Pekon Napal dengan ketingian 1.5 m setidaknya merusak 5 rumah warga, Dusun Pantai Harapan Pekon Penyanding banjir badang degan ketingian 1 meter merusak 8 rumah, sekolah SMP dan SMA serta terdapat bangunan yang terkikis air Juga terdapat, daerah terdampak banjir meliputi Pekon Unggak, Pekon Penyandingan Induk, Pekon Susuk, Pekon
Negri Kelumbayan, Pekon Kiluan, Pekon Paku banjir kecil dan jalan longsor serta
Pekon Umbar terdampak banjir kecil dan jalan longsor.

“Tidak ada korban jiwa dari sejumlah titik bencana di Kelumbayan Barat tersebut,” ungkap Kapolsek Limau AKP Ichwan Hadi mewakili Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma melalui pesan Whataspp. Jumat (30/11) siang.

Kapolsek Limau menjelaskan, hal itu diketahui setelah para Bhabinkamtibmas melakukan peninjauan wilayah-wilayah terdampak bencana.

“Sejak tadi pagi perintah bapak Kapolres untuk semua Bhabinkamtibmas mengecek langsung wilayah terdampak bencana sehingga akurasi informas dan akibat bencana dapat dipertanggungjawabkan,” kata dia.

Sementara Kabid Kedaruratan Adi Nugroho yang ditemui Jumat pagi, membenarkan ada beberapa pekon yang terdampak banjir dan longsor, hanya saja dirinya belum menyebutkan data mengenai banjir dan longsor di wilayah Kelumbayan Barat dan Kelumbayan.

“Iya, akibat hujan deras Kamis malam beberapa kecamatan dilanda banjir, seperti di Pekon Way Gelang, Belu dan Negara Batin,lalu di Kecamatan Semaka, dan longsor di Cukuhbalak”kata Adi mewakili Kepala Pelaksana BPBD Tanggamus Romas Yadi. (ral)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here