Lagi, Pringsewu Laksanakan Program Gala Desa

172

PRINGSEWU – Kabupaten Pringsewu mendapat kepercayaan lagi untuk yang ke tiga kalinya pada 2019 mendatang melaksanakan program Gala Desa tingkat kabupaten kota dari Kementrian Olahraga (Kemenpora) RI.

Pasalnya dinilai dalam dua kali berturut menggelar Gala Desa itu cukup berhasil, baik segi laporan administrasi, komunikasi yang baik juga telah menelurkan atlit berprestasi.”Kabupaten Pringsewu merupakan salah satu dari 136 kabupaten/kota di 34 provinsi se-Indonesia yang mendapat program Gala Desa dari Kemenpora RI,”ungkap M.Rido Wahyudi perwakilan dari Kemenpora RI pada penutupan Gala Desa tahun 2018 tingkat Kabupaten yang berlangsung di acara Nggruput, komplek jalur dua Pemkab Pringsewu, Minggu (25/11).

Menurutnya, dipercayanya Kabupaten Pringsewu untuk ketiga kalinya untuk menggelar Gala Desa karena adanya antusias dari masyarakat dan banyaknya atlit sesuai dengan agenda yang diperlombakan yakni ada empat cabor seperti Sepak Bola, Bola Volly, Bulu Tangkis dan Atletik.

Terlebih lagi adanya dukungan dari Pemkab Pringsewu sendiri dalam mensukseskan program Gala Desa. Hal itu dibuktikan dengan menyediakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan.

‘Bahkan Pemkab Pringsewu turut memberi reward dengan pemberian dana pembinaan bagi para pemenang lomba, juga pemberian bantuan perlengkapan olahraga ke beberapa klub sepak bola, futsal dan Volly Ballm. Saya mengucapkan banyak terima kasih,”ungkap M.Rido Wahyudi

M.Rido Wahyudi yang mewakili Menpora RI Imam Nahrawi memaparkan, adanya berbagai pertimbangan yang positif itu maka tahun depan 2019, Kemenpora memberi kepercayaan, Gala Desa akan digelar lagi di Pringsewu.

“Disamping itu Kabupaten Pringsewu sudah cukup layak untuk menggelar Gala Desa terkait fasilitas yang ada dan cukup memadai juga banyaknya para atlitnya,”ujarnya.

Dia menambahkan, karena pihak Pemkab Pringsewu rajin berkomunikasi dengan Kemenpora RI. “Sebab untuk penunjukan daerah sebagai ketempatan program program Gala Desa itu tidak asal-asalan, ada penyeleksian yang ketat,”imbuh Rido Wahyudi.

Kabid Olahraga pada Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pringsewu Edy Muryanto
mengatakan, kegiatan Gala Desa ini sudah yang kedua kalinya di Kabupaten Pringsewu, dilaksanakan selama 21 hari dengan peserta kategori pelajar dan umum mulai U-13, U-15 hingga U-18 tahun.

Untuk lokasi pertandingan tersebar diempat kecamatan, seperti Sepak bola di lapangan Pekon Totokarto, Kecamatan Adiluih, Bola Volley di lapangan Pekon Pamenang, Kecamatan Pagelaran, Bulu tangkis di Pekon Sukoharjo 1, Kecamatan Sukoharjo dan Atletik di pusatkan bandung baru.

“Para juara 1, 2 dan 3 mendapat tropi dan piagam dari Kemenpora RI. Juga ditambah uang pembinaan dari Pemkab Pringsewu,”jelas Edy Muryanto.

Sementara itu Kabid Pariwisata pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung Agus Catur mewakili Kadipora Provinsi Lampung Hanibal ketika menutup Gala Desa 2018 itu, semoga dapat memicu dan lebih bersemangat lagi atas pemberian kepercayaan dalam menjalankan program Gala Desa ke tiga kalinya di tahun 2019 mendatang.

Dia mengharapkan, kedepan agar secara bersama lebih meningkatkan lagi, baik komunikasi dan koordinasi. “Saya yakin dengan kebersamaan, pasti bakal lahir bibit-bibit atlit berprestasi, baik ditingkat kabupaten, provinsi, nasional bahkan internasional,”harap Agus Catur.

Agenda penutupan Gala Desa 2018 itu dihadiri Wakil Ketua DPRD Pringsewu Sagang Nainggolan beserta anggota DPRD, Ketua KONI Pringsewu H.M.Ali Khan, Kadis Porapar Pringsewu Samsir Kasyim dan Sekretaris Dispora Yanwir.HK.(Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here