Dongkrak Perekonomian Warga, Pekon Gedungagung Bangun 7 Item Infrastruktur

407

PULAUPANGGUNG –Pemerintah Pekon Gedungagung, Kecamatan Pulaupanggung, terus mendongkrak perekonomian warganya, salah satunya melalui peningkatan pembangunan infrastruktur.

Anggaran Dana Desa Tahun 2018 yang diterima Pemerintah Pekon Gedungagung sebesar Rp1.007.251.266 dimaksimalkan untuk peningkatan pembangunan infrastruktur.

“Ada tujuh item infrastruktur yang kita bangun tahun ini yakni, infrastruktur jalan sabes, rabat beton, jembatan, drainase, gorong-gorong, talud penahan tanah (TPT) dan sarana Mandi Cuci Kakus (MCK), ” kata Kepala Pekon Gedungagung Alnus Fitri, kepada Radar Tanggamus, kemarin.

Dari 7 item infrastruktur tersebut, lanjut dia, 3 diantaranya sudah direalisasikan yakni pembangunan jalan sabes, rabat beton dan drainase. Sementara 4 item lainnya akan dibangun menggunakan Dana Desa Tahap III.


“Pembangunan jalan sabes sudah direalisasikan di Dusun II sepanjang 125 meter, kemudian pembangunan jalan rabat beton di Dusun III sepanjang 120 meter, drainase di Dusun III sepanjang 20 meter dan drainase di Dusun II sepanjang 128 meter, ” ujar Alnus.

Sementara pembangunan yang akan direalisasikan menggunakan Dana Desa Tahap III Tahun 2018 yakni TPT di Dusun III sepanjang 228 meter, drainase di Dusun III sepanjang 382 meter, jembatan di Dusun II sepanjang 4 meter, MCK di Dusun I berjumlah satu unit dan gorong-gorong di Dusun III sebanyak 3 unit.

“Pembangunan infrastruktur, termasuk pembangunan jalan dan jembatan kita prioritaskan bertujuan untuk memudahkan akses transportasi warga, termasuk petani sekaligus untuk meningkatkan perekonomian warga dipekon setempat, ” ungkapnya.

Selain untuk pembangunan infrastruktur, Pemerintah Pekon Gedungagung juga menganggarkan Dana Desa untuk bidang pemberdayaan.

“Ada juga untuk bidang pemberdayaan seperti, aparatur pekon, PKK, BHP, LPM, Karangtaruna, kegiatan memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, pengadaan tanah untuk lapangan voli dan PAUD, peringatan hari besar islam, insentif guru paud, pengadaan sound sitem 5 unit untuk majelis taklim, pengadaan Al-Qur’an digital, pengadaan meja dan lemari untuk posyandu dan pengadaan pollyback dan bibit pertanian untuk masyarakat setempat, ” pungkasnya. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here