Pemkab Siapkan Jalur Alternatif, Siaga Jalinbar Lumpuh

1244

KOTAAGUNG-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus bergerak cepat menghadapi longsor yang mungkin saja bisa melumpuhkan akses jalan lintas barat (Jalinbar). Salah satu langkah yang akan dilakukan yakni Pemkab Tanggamus akan menyiapkan jalur alternatif.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani saat meninjau salah satu poros jalan yang kerap terjadi longsor, di Pekon Batu Keramat, Kecamatan Kotaagung Timur, Selasa (6/11). Antisipasi sedini mungkin sebelum longsor yang bisa saja melumpuhkan akses Jalinbar menurutnya harus segera dilakukan, dan tahapan awal sebelum rencana tersebut dilakukan dalam jangka panjang ialah melihat secara langsung kelapangan terkait badan jalan yang kerap longsor.

“Saya melihat dan mengkaji ada beberapa titik rawan longsor, khususnya disepanjang Pekon Batu Keramat ini, Bisa kita bayangkan, jika seandainya bencana longsor maupun badan jalan ini amblas itu benar-benar terjadi, dan poros jalan ini tidak bisa dilalui, otomatis jalan ini akan terputus total, dan saya punya grand design jalur alternatif jika itu nantinya terjadi,” kata Bupati didampingi Pj. Sekda Hamid H. Lubis serta Kepala Bappeda Hendra Wijaya Mega.

Grand design atau jalur alternatif yang akan disiapkan oleh Pemkab, untuk mengantisipasi jika nanti akses utama Jalinbar tersebut lumpuh total yakni akan membuat jalur alternatif dari Kecamatan Gisting hingga tembus ke Islamic Centre, Pekon Kedamaian Kecamatan Kotaagung.

“Tetapi rencana ini tentunya perlu proses panjang, kajian akademis, dan kami minta dari Dinas PUPR dan Bappeda untuk menindaklanjuti ini, mencari kajian dan alternatifnya itu seperti apa, ini baru grand desain untuk mengatasi apabila terjadi bencana, dan mengakibatkan jalur Batu Keramat ini terputus,” ujarnya. (iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here