Bupati Berharap DPRD Lampung Perjuangkan Usulan Masyarakat

729

KOTAAGUNG—Anggota DPRD Provinsi Lampung asal Daerah Pemilihan (Dapil) IV yang meliputi Tanggamus, Lampung Barat dan Pesisir Barat melaksanakan reses di Kabupaten Tanggamus, Kamis (25/10). 

Kesembilan anggota DPRD Provinsi Lampung itu yakni Dadang Sumpena Fraksi PDIP selalu Koordinator Dapil,  Hidir Ibrahim Fraksi PKB, Akhmadi Sumaryanto Fraksi PKS, Amrullah Ahmad El Hakim Fraksi Nasdem, Hi. M. Rizal Fraksi PDIP, Amaluddin Fraksi Demokrat, Yanuar Irawan Fraksi PDIP, Harri Ananda Fraksi Gerindra dan Joko Santoso Fraksi PAN. 

Rombongan DPRD Provinsi Lampung tersebut tiba di kantor Bupati Tanggamus sekitar pukul 10.00 WIB disambut Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Sekkab Hamid Heriansyah Lubis dan sejumlah kepala OPD. 

Hadirnya rombongan DPRD Provinsi Lampung ini dimanfaatkan betul oleh bupati Tanggamus untuk menyampaikan sejumlah aspirasi dari masyarakat Tanggamus,mulai dari pendidikan, infrastruktur dan pengembangan pariwisata. 

“Saya sangat mengapresiasi adanya reses ini. Moment seperti ini yang kita tunggu untuk sharing dan koordinasi agar permasalahan di Tanggamus yang menjadi wewenang provinsi dapat diperjuangkan, “kata Dewi. 

Dilanjutkan Dewi, bahwa di Kecamatan Gisting, perlu adanya sekolah menengah atas negeri (SMAN), sebab selama ini masyarakat Gisting yang mau bersekolah di SMA negeri harus keluar kecamatan.” Harapan dari masyarakat Gisting kiranya dapat diperjuangkan untuk direalisasi, “kata bupati. 

Masih kata Dewi, bahwa Tanggamus merupakan daerah dengan potensi pariwisata namun masih banyak infrastruktur yang belum memadai, seperti ruas Kiluan Kecamatan Kelumbayan.” Banyak akses pariwisata yang sulit, ada juga tempat wisata yang berada dalam hutan kawasan, ini harus cari solusinya, “ujar bupati. 

Sementara menurut Koordinator Dapil IV, Dadang Sumpena bahwa reses ini dilakukan untuk menyerap aspirasi dari masyarakat Tanggamus untuk selanjutnya diperjuangkan ditingkat OPD Provinsi maupun pembahasan anggaran APBD 2019.

“Semua lingkup yang terkait provinsi kita sampaikan, semua yang bisa diakomidir menjadi prioritas, kita juga sesuaikan dengan program Tanggamus, cuma apa yang menjadi program provinsi tetap dijalankan,misalnya perbaikan ruas Jalan Ulubelu tetap berlanjut, di APBD-P 2018 ada anggaran Rp8 miliar untuk rigid beton dan 2019 di hotmix, “kata Dadang. 

Menanggapi usulan dari bupati tersebut,  Anggota DPRD Provinsi Lampung Fraksi PDIP Yanuar Irawan mengatakan akan mengupayakan pembangunan SMAN di Kecamatan Gisting, namun dengan syarat adanya dana hibah.” Untuk pembangunan SMA Negeri itu syaratnya harus ada tanah hibah dulu, nanti baru diajukan,”ujarnya. 

Masih kata Yanuar bahwa, dirinya juga sempat mendapat usulan dari masyarakat Kecamatan Air Naningan mengenai rencana pembangunan SMKN Pertanian dan Perkebunan di Air Naningan. “Masyarakat di Air Naningan sangat ingin dibangun SMK Pertanian, mereka juga sudah menyiapkan lahan hibahnya, itu insyaallah 2019 bisa terealisasi,” ujarnya. 

Joko Santoso menambahkan, bahwa terkait permasalahan konflik gajah dan manusia yang terjadi di wilayah Semaka, Bandarnegerisemuong dan Pesisir Barat sudah menjadi atensi DPRD Provinsi dan Pemprov Lampung, solusinya yakni merelokasi gajah sehingga tidak kembali lagi ke pemukiman. 

“Untuk persoalan gajah ini perlu sinergitas antara pusat, provinsi dan kabupaten. Untuk di Provinsi kami siap mengupayakan anggarannya, kebetulan kehutanan mitra dari Komisi saya. Dan gajah juga harus direlokasi masuk lebih dalam ke TNBBS, “kata Joko. (ral) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here