BPBD Akan Lakukan Simulasi Gempa dan Tsunami

256

KOTAAGUNG-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanggamus dalam waktu dekat akan melaksanakan simulasi bencana gempa bumi dan tsunami yang rencananya akan dipusatkan di SDN 3 Kelurahan Pasar Madang pada 2 November mendatang.

Kepala Pelakasana BPBD, Romas Yadi, mengatakan rencana simulasi gempa bumi serta tsunami tersebut, dilakukan sebagai upaya antisipasi untuk mencegah apabila sewaktu-waktu ada gempa dan kemungkinan disusul dengan tsunami. Kegiatan tersebut sudah disampaikan bupati Tanggamus, orang nomor satu di jajaran Pemkab Tanggamus tersebut kemungkinan akan menghadiri langsung pada saat pelaksanaan simulasi.

“Sudah saya sampaikan langsung kepada ibu bupati, dan beliau berkenan hadir jika tidak ada perubahan jadwal, “kata Romas Yadi, Minggu (28/10).

Lebih lanjut, Ia menambahakan, dalam simulasi tersebut, siswa diberikan pemahaman langkah apa yang semestinya diambil pada saat terjadi gempa bumi, mulai dari bersembunyi dibawah meja, menjauhi jendela kaca lalu menuju ke lapangan terbuka mencari titik aman.

“Karena dalam simulasi tersebut diperkirakan bahwa gempa lalu kemudian disusul tsunami terjadi hingga ketinggian 13 meter, untuk itu sebelum terjadinya bencana tsunami siswa sudah harus sampai ketitik yang aman dengan ketinggian sekitar 15 meter dengan jarak tempuh ketempat evakuasi sekitar 12 menit,”ujarnya.

Mantan Kepala Dinas PUPR ini menambahkan, Kegiatan simulasi gempa bumi dan tsunami sendiri merupakan kegiatan yang terus menerus dilakukan. Hal serupa lanjutnya telah dilakukan pada April 2018 lalu, dan gaung akan antisipasi terhadap potensi gempa dan tsunami ini akan terus dilakukan mengingat Tanggamus merupakan wilayah yang rentan terhadap bencana gempa bumi.

“Kita fokuskan ke wilayah-wilayah pesisir terlebih dahulu. Khususnya bagi sekolah-sekolah, dan kedepan kita juga akan melibatkan masyarakat umum. Dan pada tanggal 2 November nanti kita akan melibatkan relawan desa tangguh bencana dari dua kelurahan Pasarmadang dan Baros,”tukasnya.(iqb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here